Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI KONSEP PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MAPEL PAI DI SEKOLAH INKLUSI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BEJIARUM KERTEK WONOSOBO
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui konsep pembelajaranberdiferensiasi pada mapel PAI di sekolah inklusi siswa kelas IV SD Negeri 2 BejiarumKertek Wonosobo; 2) untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasipada mapel PAI di sekolah inklusi siswa kelas IV SD Negeri 2 Bejiarum KertekWonosobo; 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat konseppembelajaran berdiferensiasi pada mapel PAI di sekolah inklusi siswa kelas IV SDNegeri 2 Bejiarum Kertek Wonosobo.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenispenelitian bersifat library research. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian sumber data diperoleh dari sumberdata primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik analisis yang digunakan yaituada empat tahap: 1) koleksi data, 2) reduksi data, 3) penyajian data dan 4) kesimpulan. adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan konseppembelajaran berdiferensiasi pada mapel PAI di sekolah inklusi. Hal ini ditunjukkandengan adanya metode, model, strategi dan pendekatan yang digunakan. Sekaligusadanya hambatan dan daya dukung dari berbagai faktor, sehingga mendapatkan hasilsecara keseluruhan dari implementasi konsep pembelajaran berdiferensiasi pada mapelPAI di sekolah inklusi siswa kelas IV SD Negeri 2 Bejiarum Kertek Wonosobo. Halini dibuktikan dengan penyelenggaraan sekolah inklusi tersebut dan mata pelajaranagama Islam.
Kata Kunci: Konsep Pembelajaran Berdiferensiasi, Mapel PAI dan Sekolah Inklusi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Junida Fatimatuz Zahra - Personal Name
|
Student ID |
2020010043
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Nurul Mubin, M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |