Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI METODE “FAMIBISYAUQIN” DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN EL-BAYAN MAJENANG CILACAP
XMLAl-Qur’an merupakan kalamulloh yaang dijadikan sebagai pedomanhidup umat manusia baik secara lahiriyah maupun batiniyah. Alloh SWTsenantiasa memberikan kemudahan bagi para hamba-NYA yang maubersungguh-sungguh di dalam mempelajari Al-Qur’an termasuk juga didalam menghafalkannya. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, seorangpenghafal Al-Qur’an berkewajiaban untuk menjaga hafalannya, memahamiapa yang dipelajarinya, dan bertanggung jawab mengamalkan di dalamkesehariannya. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu metode di dalam prosesmenghafalkan Al-Qur’an beserta Penjagaanya. Skripsi ini bertujuan untukmengetahui bagaimana implementasi metode famibisyauqin dalam prosesmenghafalkan Al-Qur’an di Pondok Pesantren El-bayan majenang Cilacap, dan juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dariimplementasi metode famibisyauqin tersebut. metode penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatankualitatif deskriptif. Sumber data yang diambil melalui subjek, Ustadz/ustadzah dan santri hufadz. Teknik pengumpulan data yang digunakandengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan caramereduksi data yang relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) ImplementasiMetode famibisyauqin dalam proses menghafalkan al-Qur’an di PondokPesantren El-Bayan dilaksanakan secara Bersama-sama dan Individual.Pembelajaran Klasikal diterapkan ketika setoran hafalan kepadaustadz/ustadzah, sedangkan pembelajaran secara Individual adalah kegiatanmuroja’ah menghatamkan baca’an al-Qur’an dalam waktu tujuh hari yangdilakukan oleh tiap-tiap santri. 2) metode famibisyauqin yang diterapkan diPondok Pesantren El-Bayan adalah sebagai upaya meningkatkan kualiatashafalan santri serta melatih para santri untuk menjaga kontinuitas nderes alQur’ansebagairasatanggungjawabnyadidalammenghafalkanal-Qur’an, yan gmanapelaksanaanya telah ditargetkan hatam pada setiap minggudari system tersebut 3) Faktor yang mendukung implementasi metodefamibisyauqin yang ada disana diantaranya adalah faktor support system daridiri sendiri dan lingkungan, adanya kegiatan sima’an dan kontinuitasmuroja’ah. Sedangkan faktor yang menghambat implementasi metodefamibisyauqin adalah kebanyakan dari mereka belum bisa mengatur waktu, lebih mengutamakan hafalan baru, faktor malas dan faktor.
Kata Kunci: Menghafal Al-Qur’an, Metode Famibisyauqin
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Fitriatus Syaringah - Personal Name
|
Student ID |
2020010039
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |