IMPLEMENTASI METODE “FAMIBISYAUQIN” DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN EL-BAYAN MAJENANG CILACAP

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI METODE “FAMIBISYAUQIN” DALAM MENJAGA HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN EL-BAYAN MAJENANG CILACAP

XML

Al-Qur’an merupakan kalamulloh yaang dijadikan sebagai pedomanhidup umat manusia baik secara lahiriyah maupun batiniyah. Alloh SWTsenantiasa memberikan kemudahan bagi para hamba-NYA yang maubersungguh-sungguh di dalam mempelajari Al-Qur’an termasuk juga didalam menghafalkannya. Akan tetapi, dalam pelaksanaannya, seorangpenghafal Al-Qur’an berkewajiaban untuk menjaga hafalannya, memahamiapa yang dipelajarinya, dan bertanggung jawab mengamalkan di dalamkesehariannya. Oleh sebab itu dibutuhkan suatu metode di dalam prosesmenghafalkan Al-Qur’an beserta Penjagaanya. Skripsi ini bertujuan untukmengetahui bagaimana implementasi metode famibisyauqin dalam prosesmenghafalkan Al-Qur’an di Pondok Pesantren El-bayan majenang Cilacap, dan juga bertujuan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dariimplementasi metode famibisyauqin tersebut. metode penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatankualitatif deskriptif. Sumber data yang diambil melalui subjek, Ustadz/ustadzah dan santri hufadz. Teknik pengumpulan data yang digunakandengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan caramereduksi data yang relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) ImplementasiMetode famibisyauqin dalam proses menghafalkan al-Qur’an di PondokPesantren El-Bayan dilaksanakan secara Bersama-sama dan Individual.Pembelajaran Klasikal diterapkan ketika setoran hafalan kepadaustadz/ustadzah, sedangkan pembelajaran secara Individual adalah kegiatanmuroja’ah menghatamkan baca’an al-Qur’an dalam waktu tujuh hari yangdilakukan oleh tiap-tiap santri. 2) metode famibisyauqin yang diterapkan diPondok Pesantren El-Bayan adalah sebagai upaya meningkatkan kualiatashafalan santri serta melatih para santri untuk menjaga kontinuitas nderes alQur’ansebagairasatanggungjawabnyadidalammenghafalkanal-Qur’an, yan gmanapelaksanaanya telah ditargetkan hatam pada setiap minggudari system tersebut 3) Faktor yang mendukung implementasi metodefamibisyauqin yang ada disana diantaranya adalah faktor support system daridiri sendiri dan lingkungan, adanya kegiatan sima’an dan kontinuitasmuroja’ah. Sedangkan faktor yang menghambat implementasi metodefamibisyauqin adalah kebanyakan dari mereka belum bisa mengatur waktu, lebih mengutamakan hafalan baru, faktor malas dan faktor.
Kata Kunci: Menghafal Al-Qur’an, Metode Famibisyauqin


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fitriatus Syaringah - Personal Name
Student ID
2020010039
Dosen Pembimbing
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Robiyun Suyud El Syam, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Dr. Muchotob Hamzah, MM. - - Penguji 1
Sofan Rizky, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail