IMPLEMENTASI METODE TASMI’, TAKRAR, DAN MURAJA'AH DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI PPTQ BAITUL ABIDIN DARUSSALAM, KALIBEBER, WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI METODE TASMI’, TAKRAR, DAN MURAJA'AH DALAM MENGHAFAL AL-QUR'AN DI PPTQ BAITUL ABIDIN DARUSSALAM, KALIBEBER, WONOSOBO

XML

Mengetahui implementasi metode Tasmi', Takrar, dan Muraja'ah dalam menghafal Al-Qur'an di PPTQ Baitul AbidinDarussalam, Kalibeber, Wonosobo. 2) Mengetahui faktor pendukung danpenghambat penerapan metode Tasmi’, Takrar, dan Muraja'ah dalam menghafalAl-Qur'an di PPTQ Baitul Abidin Darussalam, Kalibeber, Wonosobo. 3)Mengetahui hasil pencapaian dari diterapkannya metode Tasmi’, Takrar, danMuraja'ah dalam menghafal Al-Qur'an di PPTQ Baitul Abidin Darussalam, Kalibeber, Wonosobo.Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana jenis penelitiannyaadalah field research. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodepenelitian kualitatif studi kasus lantaran fokusnya yang spesifik dan mendalampada kasus sebagai objek yang diteliti. Teknik pengumpulan data menggunakanmetode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis yangdigunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam penerapan metode Tasmi’,Takrar, dan Muraja'ah dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur‘an diPPTQ Baitul Abidin Darussalam terbagi menjadi tiga tahap, diantaranya yakni:Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Kemudian dalampenerapan metode Tasmi’, Takrar, dan Muraja'ah di PPTQ Baitul AbidinDarussalam sudah berjalan dengan sangat baik dan metode yang digunakan punberkesinambungan. Adapun faktor pendukungnya yaitu lingkungan pondok yangbernuansa Qur’ani, berkumpul bersama dengan hafiẓ Al- Qur‘an, HPdikumpulkan ketika malam, program ngaji yang sudah berjalan dengan baik, danjuga motivasi dari bapak kyai. Sementara itu berikut beberapa faktor penghambatdari implementasi metode Tasmi’, Takrar, dan Muraja'ah di PPTQ Baitul AbidinDarussalam terbagi menjadi 2 yakni faktor eksternal dan internal. Faktorpenghambat eksternal antara lain terbatasnya tempat dan terbatasnya jumlahasatiż. Sementara faktor penghambat internal antara lain manajemen waktu masihkurang baik karena masih terlalu fokus dengan dunia perkuliahan dan kesibukankesibukanlainnya, kemampuan santri yang berbeda, serta kesehatan santri.Kemudian dari hasil pencapaian dari diterapkannya metode Tasmi’, Takrar, danMuraja'ah dalam menghafal Al-Qur'an di PPTQ Baitul Abidin Darussalamsebagian besar santri mengalami pola perubahan atau kemajuan dalam kualitashafalan sesuai dengan kriteria yang telah disebutkan sebelumnya. Kriteria yangterpenuhi ini ialah ilmu tajwid, faṣahah, tartil dan kelancaran hafal.
Kata kunci: Implementasi, Metode, Menghafal Al-Qur’an


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Annisa Nailal Khusna - Personal Name
Student ID
2020010027
Dosen Pembimbing
Dr. Nurul Mubin, M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail