UPAYA KYAI DALAM PEMBINAAN ETIKA BERKOMUNIKASI PADA SANTRI (PPTQ AL-ASY'ARIYYAH PUSAT KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO TAHUN 2023)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

UPAYA KYAI DALAM PEMBINAAN ETIKA BERKOMUNIKASI PADA SANTRI (PPTQ AL-ASY'ARIYYAH PUSAT KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO TAHUN 2023)

XML

Skripsi ini bertujuan untuk : 1) Mengatahui bagaimana konsep kyai dalamberkomunikasi dengan santri PPTQ Al-Asy'ariyyah Pusat Wonosobo, 2)Mengetahui bagaimana upaya kyai dalam pembinaan etika berkomunikasi padasantri PPTQ Al-Asy'ariyyah Pusat Wonosobo, 3) mengetahui bagaimana faktorpendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi pembinaan etikaberkomunikasi pada santri PPTQ Al-Asy'ariyyah Pusat Wonosobo.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat lapangan. Dimana jenis penelitian ini yaitu deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu Kyai, Pengurus/Pembina, Santri PPTQ AlAsy'ariyyahPusat Wonosobo. Teknik pengumpulan data menggunakan metodeobservasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian sumberdata diperoleh dari penelitian lapangan, penelitian kualitatif. Adapun Teknikanalisis yang digunakan adalah Teknik analisis data yaitu analisis terhadap datayang berhasil dikumpulkan oleh penelitian melalui perangkat metodologi. Dimanadata diperoleh menggunakan proses analisis data sebagai berikut: 1). Reduksidata, 2). Penyajian data dan, 3). Kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep komunikasi antara kyai dansantri di PPTQ Al-Asy'ariyyah Pusat memiliki sifat yang unik dan kompleks, yangmencakup transfer ilmu pengetahuan serta pembinaan moral, spiritual, dankarakter. Upaya kyai dalam membina etika berkomunikasi santri dianggap efektif, didorong oleh antusiasme santri terhadap kyai dan melalui berbagai programseperti kegiatan umum, khusus, penyampaian pembelajaran, dan evaluasi. Akibatnya, karakter santri cenderung lebih terjaga tata kramanya, berbicara sopan,dan mampu menyampaikan informasi yang relevan kepada masyarakat. Faktorpendukung pembinaan etika berkomunikasi meliputi semangat dan minat santri, dukungan orang tua, serta fasilitas di pondok pesantren, sementara faktorpenghambatnya meliputi pergaulan di lingkungan sekolah yang beragam danpengaruh media sosial yang memengaruhi tren perilaku.
Kata Kunci: Etika berkomunikasi, Kyai, Santri, Pondok Pesantren


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Anggita Aviani - Personal Name
Student ID
2020010024
Dosen Pembimbing
Dr. H. Ngarifin Shiddiq, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Vava Imam Agus Faisal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail