Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP AL-MADINA WONOSOBO
XMLTujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaanImplementasi layanan bimbingan konseling di SMP Al-Madina Wonosobo (2)Untuk mengetahui implementasi layanan bimbingan konseling dalam PeningkatanMotivasi Belajar Siswadi SMP Al-Madina Wonosobo, (3) Untuk mengetahuifaktor pendukung dan faktor penghambat implementasi layanan bimbingankonseling dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di SMP Al-MadinaWonosobo.Penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangandengan jenis penelitian kualitatif: yaitu penelitian yang menghasilkan datadeskriptif bukan secara numerik. Metode data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengananalisis deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data, penyajian data, danmenyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran bimbingan konseling sangatpenting dalam memberikan layanan bimbingan konseling untuk meningkatkanmotivasi belajar siswa, serta dalam perbaikan karakter siswa. Bentuk layananBimbingan Konseling yang ada di SMP Al-Madina Wonosobo berupa layananindividu dan layanan kelompok. Dalam menangani mengenai kasus individu yaitudengan melakukan kerja sama dengan pihak-pihak yang berhubungan denganlayanan Bimbingan Konseling. Dalam menangani kasus kelompok, guruBimbingan Konseling di SMP Al-Madina Wonosobo yaitu dengan melakukankonseling di dalam kelas, dan melakukan pendekatan dengan siswa.
Kata Kunci: Bimbingan Konseling, Motivasi
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Kamila Fithrachatun Nisa - Personal Name
|
Student ID |
2020010003
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |