NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW DALAM KITAB MAULID SIMTHUD DURAR (Karya Habib Ali Bin Muhammad Bin Husein al-Habsyi)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK NABI MUHAMMAD SAW DALAM KITAB MAULID SIMTHUD DURAR (Karya Habib Ali Bin Muhammad Bin Husein al-Habsyi)

XML

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Memahami konsep nilai akhlak danpendidikan Nabi Muhammad SAW dalam kitab Maulid Simtud Durar karyaHabib Ali bin Muhammad bin Hussein Al-Habsyi. 2) Mengetahui isi dan dalilkitab Maulid Simtud Durar karangan Habib Ali bin Muhammad bin Hussein AlHabsyi.3) Mengetahui nilai pendidikan akhlak Nabi Muhammad SAW dalamkitab maulid Simtud Durar karya Habib Ali bin Muhammad bin Hussein AlHabsyi.Karya ini menggunakan penelitian kualitatif gaya perpustakaan untukmengumpulkan dan menganalisis data yang diperlukan. Sumber data diperolehdari sumber data primer dan data sekunder. Sumber data primer adalah kitabmaulid Simtud Durar, dan sumber data sekunder adalah dari sumber datapendukung dalam mencari data penelitian seperti buku, internet, dan majalah yangberkaitan dengan psikoedukasi dan nilai-nilai dalam novel. Teknik pengumpulandata yaitu dengan mengumpulkan sumber data dari buku, artikel, majalah, situsonline yang berkaitan dengan penelitian, analisis data menggunakan teknikanalisis isi (content analysis), serta pengolahan dan pengeditan isi sumber datayang diambil, dilakukan dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini terdapat lima nilai dalam pendidikan akhlak NabiMuhammad SAW dalam kitab Habib Ali bin Muhammad bin Hussein Al-Habsyi,Maulid Simtud Durar. Yaitu: 1) Akhlak terhadap Allah SWT yaitu bersuci, memuji nama Tuhan, memohon rahmat dan mengucap syukur, 2) Akhlak terhadapNabi Muhammad SAW dengan membaca dan memperbanyak sholawat, 3) Rasamalu, akhlak terhadap diri sendiri melalui lemah lembut, tekad yang kuat untuktidak mencintai dunia secara sederhana; 4) moralitas keluarga dengan memilihpasangan hidup yang baik dan adil serta saling mencintai; 5) menghormati ajakantanpa membeda-bedakan moralitas dalam masyarakat dengan berkata jujur. Hasildari penelitian ini, buku Maulid Simtud Dulal karya Habib Ali bin Muhammadbin Hussein Al-Habsyi dapat digunakan sebagai alat pengajaran untukmenyampaikan pentingnya nilai pendidikan akhlak di masa krisis akhlak ini telahterbukti cocok.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan, Akhlak, Nabi Muhammad saw, KitabMaulid Simtud Durar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Arif Maulana - Personal Name
Student ID
2019010468
Dosen Pembimbing
Dr. H. Abdul Majid, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail