Prodi Pendidikan Agama Islam
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS VII DI SMP ILMU AL QURAN VILLA KUDA MAS MUARA BARU KAYU AGUNG PALEMBANG
XMLSkripsi ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui karakter siswa siswakelas VII di SMP Ilmu Al Quran Villa Kuda Mas Muara Baru Kayu AgungPalembang. (2) Untuk mendeskripsikan peran guru agama Islam dalampembentukan karakter religius siswa Kelas VII SMP Ilmu Al Quran Villa KudaMas Muara Baru Kayu Agung Palembang. (3) Untuk mendeskripsikan faktorpendukung dan penghambat yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalampendidikan karakter religius siswa Kelas VII SMP Ilmu Al Quran Villa Kuda MasMuara Baru Kayu Agung Palembang.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitiankualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupakata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku dapat diamati. Datayang diperoleh peneliti melalui kegiatan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dirangkum menjadi kalimat yang lebih mudahdipahami. Penelitian akan dilakukan di kelas VII SMP Ilmu Al Quran Villa KudaMas Muara Baru Kayu Agung Palembang pada bulan Mei tahun 2024.Berdasarkan data yang telah dianalisis oleh peneliti, didapatkan hasilsebagai berikut: (1) Karakter religius siswa kelas VII SMP Ilmu Al-Qur’an VillaKudamas dapat dikategorikan baik. Siswa rata-rata menunjukkan karakter yangbaik dan sesuai dengan nilai islami yang ditanamkan di sekolah. Siswa kelas VIIsenantiasa berusaha untuk mempraktikkan nilai-nilai keislaman dalam kehidupansehari-hari. Tetapi ada beberapa siswa yang masih perlu bimbingan ekstra agarlebih sadar tentang pentingnya karakter rsligius. (2) Guru PAI di SMP Ilmu AlQur’anVillaKudamassudahmemilikiprogrampembiasaanyangberjalandengankonsistendanberkesinambungan.Fasilitassekolahyangmendukungjugamenjadisaranaproses pembelajaran kondusif. (3) Faktor pendukung pembentukanKarakter Religius Siswa Kelas VII SMP Ilmu Al-Qur’an Villa Kudamaslingkungan sekolah yang kondusif. Latar belakang lingkungan pesantren jugamenjadikan anak mendapat double bimbingan karakter religius. Tenagapendidiknya mendukung ditambah ustadz/ustadzah dipondok juga mendukung. Faktor penghambat yang dihadapi guru PAI yaitu, latar belakang keluarga siswayang beragam. Kesibukan orangtua hingga kurangnya pemantauan dan kurangnyakesadaran karakter religius menjadikan kurangnya dukungan. Keterbatasan waktubelajar disekolah menjadikan kurang pemantauan dari guru PAI secara langsung.
Kata Kunci: Peran Guru PAI, Karakter Religius
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Jodi Anggara - Personal Name
|
Student ID |
2019010324
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Abdul Majid, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |