Prodi Pendidikan Agama Islam
NILAI-NILAI PENDIDIKAN HUMANIS DALAM BUKU PENGANTAR ASWAJA AN-NAHDLIYAH UNSIQ PRESS
XMLDalam kamus besar bahasa indonesia, kata humanisme yang secara bahasamempunyai dua definisi, yang pertama kata humanisme mempunyai arti sebuahfaham beranggapan bahwa manusia itu merupakan objek studi terpenting dandengan tujuan akhirnya adalah memanusiakan manusia.Penelitian ini berusaha untuk mempertemukan relevansi antara PendidikanHumanisme dilihat dari perspektif Aswaja An-Nahdliyah dengan prinsip yangdibawakannya seperti Tasamuh (Toleransi), Tawazun (Seimbang), Tawasuth(tengah-tengah), I‟tidal (Tegak Lurus) dan Amar Ma‟ruf nahi Munkar (mengajakberbuat baik dan menjauhi yang buruk).Hasil dari Penlitian ini menegaskan bahwa Implementasi dari KonsepAswaja An-Nahdliyah dalam Pendidikan Humanis. Nahdatul Ulama sebagaiorganisasi sosial Keagamaan sejak awal berdirimya berusaha menjunjung nilainilaiHumanisme melalui prinsipnya untuk bisa bertoleransi sesama masyarakatIndonesia, bisa untuk berbuat seimbang antara hubungan sesama masyarakat danhubungan dengan Tuhan jadi Aswaja An-nahdliyah tidak membenarkan sifatorang yang terlalu berlebihan dalam urusan Agama sampai melupakan hubungandengan sesame manusia dan juga sebaliknya tidak membenarkan orang yangterlalu berlebihan hubungan dengan sesama manusia sampai lupa hubungannyadengan Tuhan, Sehingga dari hal tersebut bisa menciptakan sebuah keseimbanganbaik itu hablumminallah maupun hablumminannas.
Kata Kunci: Pendidikan Humanis, Aswaja An-Nahdliyah.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Saifur Rohman - Personal Name
|
Student ID |
2019010280
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Ngarifin Shiddiq, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2024 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |