IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MODERASI BERAGAMA (STUDI KASUS MASYARAKAT KAMPUNG MODERASI D DUSUN GIYANTI, DESA KADIPATEN, KECAMATAN SELOMERTO, KABUPATEN WONOSOBO)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM MODERASI BERAGAMA (STUDI KASUS MASYARAKAT KAMPUNG MODERASI D DUSUN GIYANTI, DESA KADIPATEN, KECAMATAN SELOMERTO, KABUPATEN WONOSOBO)

XML

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui konsepmoderasi beragama masyarakat kampung moderasi di dusun Giyanti; 2) untukmengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan moderasi beragama masyarakatkampung moderasi di dusun Giyanti; 3) untuk mengetahui faktor pendukung danfaktor penghambat implementasi nilai-nilai pendidikan moderasi beragamamasyarakat kampung moderasi di dusun Giyanti.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan denganpendekatan deskriptif. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara dandokumentasi. Subyek utama penelitian ini adalah perangkat desa kadipaten, tokohmasyarakat serta tokoh agama. Teknik analisis data yang digunakan yaitureduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) konsep moderasiberagama masyarakat kampung moderasi di dusun Giyanti adalah denganmenyatukan seluruh umat beragama yang berbeda beda dalam kehidupanmasyarakat yang rukun dan harmonis melalui berbagai kegiatan kemasyarakatan.2) Implementasi nilai-nilai pendidikan moderasi beragama masyarakat kampungmoderasi adalah dengan melalui kegiatan kemasyarakatan yang meliputi kegiatansosial, kegaiatan keagamaan, dan kegiatan kesenian. Dalam setiap kegiatan tersebutterkandung nilai-nilai pendidikan moderasi beragama yaitu nilai I’tidal (adil), nilaitawazun (seimbang), musawah (egaliter) tercermin dalam kegiatan sosial Kemudian nilai tasamuh (toleransi) dan tahadhdhur (berkeadaban) tercermin dalamkegiatan keagamaan. Kemudian nilai tasamuh (toleransi), nilai tawasuth (mengambil jalan tengah) dan ishlah (reformasi) tercermin dalam kegiatan seni dankebudayaan. Kemudian nilai tathawur wa ibtikar (dinamis dan inovatif), nilai syura(musyawarah) tercermin dalam kegiatan lain berupa kegiatan dari FKUB. 3) Faktorpendukung implementasi nilai-nilai pendidikan moderasi beragama masyarakatkampung moderasi dusun Giyanti yaitu a) sikap gotong royong dan kekompakanmasyarakat dalam menjalankan kegiatan kemasyarakatan, b) adanya kesamaanbudaya yang dijadikan sebagai tali pengikat kerukunan umat beragama, c) adanyakegiatan edukasi moderasi beragama yang diselenggarakan oleh FKUB. Faktorpenghambat impelementasi nilai-nilai pendidikan moderasi beragama masyarakatkampung moderasi dusun Giyanti yaitu a) ada sebagian orang dalam masyarakatyang belum bisa menerima perbedaan agama sehingga bersikap apatis terhadapkegiatan kemasyarakatan yang dicanangkan, b) adanya masalah faktor pemicu yangberasal dari luar agama yang jika tidak di kelola dengan baik akan merembet kemasalah agama: misalnya pemilu dan pilkades, c) pernikahan beda agama
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Moderasi Beragama Masyarakat,Kampung Moderasi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Erik Nur Hakim - Personal Name
Student ID
2019010262
Dosen Pembimbing
Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. H. Ali Imron, M.Ag - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Moh. Sakir, M Ag - - Penguji 1
Chairanti Astina M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail