IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR SISWA

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR SISWA

XML

Liska Dian Saputri. IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIFBERBASIS GAME EDUKASI PADA PEMBELAJARAN IPAUNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN HASILBELAJAR SISWA.Skripsi, Wonosobo. Fakultas Ilmu Tarbiyah danKeguruan Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo.2024Skripsi ini bertujuan 1) Untuk mengetahui apakah pembelajaran multimediainteraktif berbasis game edukasi dapat meningkatkan kedisiplinan dan hasilbelajar siswa. 2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kedisiplinan danhasil belajar siswa setelah pembelajaran multimedia interaktif berbasis gameedukasi dilaksanakan. Penelitian ini teramasuk jenis penelitian eksperimen yakni penelitian yangdigunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalamkondisi yang terkendalikan. Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPNegeri 2 Purwanegara dan analisis yang digunakan adalah analisis t-test bertujuanuntuk mengetahui peningkatan kedisiplinan dan hasil belajar siswa denganmengunaan penggunaan multimedia berbasis game edukasi.Hasil penelitiannya adalah 1) Analisis uji-t dilakukan untuk dapat lebihmenguji tingkat keeratan implementasi multimedia interaktif berbasis gameedukasi untuk meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPNegeri 2 Purwanegara adalah berdampak signifikan, hal tersebut ditunjukkan olehbesarnya nilai uji t-test dimana nilai t=7.013 lebih besar apabila dibandingkandengan ttabel alpha 0,05 sebesar 1.615. Maka hasil uji-t untuk model analisisregresi linier dapat mengestimasi terhadap kedisiplinan dan hasil belajar siswayang ditentukan oleh implementasi multimedia interaktif berbasis game edukasi dikelas VIII SMP Negeri 2 Purwanegara. Dengan kata lain semakin baikimplementasi multimedia interaktif berbasis game edukasi maka kedisiplinan danhasil belajar para siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Purwanegara mengalamipemeningkatan. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah implementasi multimediainteraktif berbasis game edukasi mampu meningkatkan kedisiplinan dan hasilbelajar siswa. 2) Besarnya peningkatan kedisiplinan dan hasil belajar siswasetelah pembelajaran multimedia interaktif berbasis game edukasi berdasarkandiauji uji F diperoleh nilai F = hitung sebesar 2,281 lebih besar dari tabeldistribusi F alpha 0,05 (df= 1.000) atau sig 0,05, hasil uji F tersebut bahwaimplementasi multimedia interaktif berbasis game edukasi benar-benar secarasimultan dapat meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPNegeri 2 Purwanegara. Selanjutnya peningkatan kedisiplinan dan hasil belajarsiswa setelah pembelajaran multimedia interaktif berbasis game edukasi dilaksanakan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Purwanegara adalah bersifat linier.Hal tersebut dijelaskan dengan hasil uji F melalui out put komputer program SPSS 16 diperoleh sig 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa model regresi merupakan model satu dapat mengestimasi besarnya peningkatan kedisiplinan dan hasil belajar siswa setelah pembelajaran multimedia interaktif berbasis game edukasi dilaksanakan adalah bersifat positif dan efektif.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Liska Dian Saputri - Personal Name
Student ID
2017020052
Dosen Pembimbing
Dr. Sri Jumini, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Nugroho Prasetya Adi, M. Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Dr. Maryono, M.Pd. - - Penguji 1
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail