PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIK WUDHU DAN SHALAT DALAM MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL DI SD MUHAMMADIYAH KALIABU SALAMAN MAGELANG

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIK WUDHU DAN SHALAT DALAM MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL DI SD MUHAMMADIYAH KALIABU SALAMAN MAGELANG

XML

Putri Anggita Sari PENERAPAN PEMBELAJARAN PRAKTIK WUDHUDAN SOLAT DALAM MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONALDI SD MUHAMMADIYAH KALIABU SALAMAN MAGELANG.Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UniversitasSains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo, Tahun 2024.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaranpraktik wudhu dalam meningkatkan sosial emosional di SD MuhammadiyahKaliabu Salaman Magelang; 2) Untuk mengetahui penerapan pembelajaranpraktik solat dalam meningkatkan sosial emosional di SD MuhammadiyahKaliabu Salaman Magelang; 3) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhipenerapan pembelajaran praktik wudhu dan solat dalam meningkatkan sosialemosional di SD Muhammadiyah Kaliabu Salaman Magelang.Skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknikpengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalahpengamatan (observasi), wawancara (interview), dan dokumentasi (studidocumenter). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa SDMuhammadiyah Kaliabu Salaman Magelang.Penerapan pembelajaran praktik wudhu dan solat di SD MuhammadiyahKaliabu Salaman diajarkan dengan metode yang hampir sama, yakni dengan caraguru menjelaskan terlebih dahulu kemudian guru memperagakan didepan siswadan siswa diminta untuk mempraktikan materi yang telah diajarkan oleh guru.Dengan adanya pembelajaran praktik wudhu dan solat membantu meningkatkanjiwa sosial emosional anak seperti membantu membentuk jiwa sosial emosionalpada anak didik seperti siswa didik jadi lebih bisa mengelola emosi, memperkayapemahaman tentang keagamaan, mempererat kebersamaan antara guru dan,mengembangkan aspek sosial emosional pada jiwa siswa. Adapun faktor yangdapat mempengaruhI terbentuknya jiwa sosial emosional anak yaitu mulai darifaktor lingkungan, interaksi sosial, dukungan orang terdekat, peran pengajar, ketidakcocokan dengan teman sebaya, aksi bullying, keterbatasan ketrampilansosial, krisis keluarga dan kurangnya pendidikan sosial emosional kepada siswa.
Kata kunci: Praktik, Wudhu, Solat, Sosial Emosional


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Putri Anggita Sari - Personal Name
Student ID
202001093
Dosen Pembimbing
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 1
Sofan Rizqi, Alh., S.Pd.I.,M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail