INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N 2 KAPENCAR KERTEK WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

INTERNALISASI MODERASI BERAGAMA MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD N 2 KAPENCAR KERTEK WONOSOBO

XML

Fakultas Ilmu Tarbiyahdan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo, 2024 Moderasi beragama di Indonesia sebagai upaya dalam mencegah pahamradikal sebab Islam moderat merupakan yang paling cocok bagi Indonesia yangmemiliki keberagaman. Moderasi beragama menjadi penting untuk generasipenerus memajukan bangsa dimasa datang, merupakan langkah konkrit dalammemberikan nilai-nilai moderasi beragama pada generasi muda adalah melaluipendidikan agama.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Seberapa paham pengetahuansiswa SD N 2 Kapencar Kertek Wonosobo mengenai pentingnya moderasiberagama, Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkannilai moderasi beragama di SD N 2 Kapencar Kertek Wonosobo, kemudianmengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam internalisasinilai moderasi beragama melalui Pendidikan Agama Islam di SD N 2 KapencarKertek Wonosobo. Penelitin ini menggunakan jenis penelitian kualitatif denganmenggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitianyang menggunakan metode observasi, wawancara, analisis isi, dan metodepengumpul data. Lokasi penelitian ini adalah SD N 2 Kapencar KertekWonosobo. Setelah data terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisisdata yaitu, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Tingkat pemahaman siswa SD N 2Kapencar Kertek Wonosobo terhadap nilai moderasi beragama cukupmenggambarkan bahwa mereka dapat memahami pentingnya toleransi dalamkehidupan sehari-hari. Siswa terbuka terhadap pendapat yang berbeda kemudianmereka juga antusias dan dapat melestarikan kebudayaan turu-temurun yangsudah ada dari lama, mereka dapat hidup rukun dan saling tolong menolong tanpamembedakan keyakinan masing-masing. Kemudian Upaya yang telah di lakukanoleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai moderasi beragamamelalui Pendidikan Agama Islam di SD N 2 Kapencar Kertek Wonosobo menggunakan Pembiasaan 5S (Senyum Salam Sapa Sopan Santun), Jumatberprestasi, Pembelajaran langsung di kelas menggunakan metode ceramah dandiskusi. Pembelajaran diluar kelas. Berdasarkan hasil observasi dan wawancaraterdapat beberapa faktor pendukung yaitu dukungan dari pihak sekolah denganmemberikan fasilitas, kemudian lingkungan masyarakat dan keberagaman budaya. sedangkan faktor penghambat berasala dari sedikitnya minat belajar pada saatmembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Kata kunci: Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Septiyani - Personal Name
Student ID
2020010242
Dosen Pembimbing
K.H Mukromin,ALH., M .Ag, - - Dosen Pembimbing 1
Dr.Faisal Kamal, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail