PENGARUH MOTIVASI, EFIKASI DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Pemuda Desa Deroduwur)

Detail Cantuman

Prodi Manajemen

PENGARUH MOTIVASI, EFIKASI DIRI, LINGKUNGAN KELUARGA DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Pemuda Desa Deroduwur)

XML

Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi, efikasidiri, lingkungan keluarga dan penggunaan media sosial terhadap minatberwirausaha (studi kasus pada pemuda Desa Deroduwur). Metodologi - Populasi dalam penelitian ini adalah pemuda Desa Deroduwuryang berminat terhadap berwirausaha, dengan sampel sebanyak 140responden. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner Google Form yangdibagikan kepada pemuda Desa Deroduwur. Teknik analisis datamenggunakan statistik deskriptif, uji validitas, uji realibilitas, uji F, ujinormalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji regresi berganda, uji t, koefisiensi determinasi. Pengolahan data dengan bantuan perangkat lunakSPSS Statistic 25. Hasil - Penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positifterhadap minat berwirausaha pada pemuda Desa Deroduwur yang dibuktikandengan diperoleh nilai thitung sebesar 3,550  ttabel 1,97769 dengan tingkatsignifikansi 0,001 < 0,05. Efikasi diri berpengaruh positif terhadap minatberwirausaha pada pemuda Desa Deroduwur yang dibuktikan dengandiperoleh nilai thitung sebesar 5,820  ttabel 1,97769 dengan tingkat signifikansi0,000 < 0,05. Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap minatberwirausaha pada pemuda Desa Deroduwur yang dibuktikan dengandiperoleh nilai thitung sebesar 9,613  ttabel 1,97769 dengan tingkat signifikansi0,000 < 0,05. Penggunaan media sosial berpengaruh positif terhadap minatberwirausaha pada pemuda Desa Deroduwur yang dibuktikan dengandiperoleh nilai thitung sebesar 7,394  ttabel 1,97769 dengan tingkat signifikansi0,000 < 0,05.Keterbatasan - Pengumpulan data yang membutuhkan waktu cukup lama, halini dikarenakan penetapan untuk menjadi sampel pada penelitian ini cukupbanyak serta faktor-faktor variabel lain yang belum diteliti namun mampumempengaruhi minat berwirausaha.Agenda Penelitian Mendatang - Dapat mengembangkan variabel lain diluarpenelitian ini, seperti pengetahuan kewirausahaan, modal usaha, sikap dankebribadian kewirausaha serta faktor lainya. Dan setidaknya menggabungkanmetode Purposive Sampling dengan Snowball Sampling. Menurut Sugiyono (2018) Snowball Sampling adalah metode yang mula-mula jumlahnya sedikitkemudian semakin banyak dikarenakan peneliti merasa data yang diberikanbelum lengkap.
Kata Kunci: Motivasi, Efikasi Diri, Lingkungan Keluarga, PenggunaanMedia Sosial dan Minat Berwirausaha


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Hanip - Personal Name
Student ID
2020110099
Dosen Pembimbing
Dr. Ratna Wijayanti, S.E., M.M. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Ahmad Guspul, S.E, M.M - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
61201
Edisi
Published
Departement
Manajemen
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail