PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN “BAGIAN” (TEILEREN METHOD) DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN ILMU AL-QUR’AN HIDAYATUL QUR’AN WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Manajemen

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN “BAGIAN” (TEILEREN METHOD) DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN SANTRI PONDOK PESANTREN ILMU AL-QUR’AN HIDAYATUL QUR’AN WONOSOBO

XML

Diana Faridatul Aulya. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN“BAGIAN” (TEILEREN METHOD) DALAM MENINGKATKANHAFALAN SANTRI PONDOK PESANTREN ILMU AL-QUR’ANHIDAYATUL QUR’AN WONOSOBO. Skripsi, Wonosobo: FakultasIlmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur‟an Jawa Tengah diWonosobo, 2024.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan metode bagian(teileren method) dalam pembelajaran hafalan bagi santri Pondok Pesantren IlmuAl-Qur‟an Hidayatul Qur‟an Wonosobo. 2) Untuk mengetahui peningkatanhafalan ayat Al-Qur‟an santri setelah menggunakan metode bagian (teilerenmethod) di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur‟an Hidayatul Qur‟an Wonosobo.Jenis penelitian ini adalah menggunakan kualitatif Penelitian TindakanKelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu pengasuh, pengurus, dan santri PondokPesantren Ilmu Al-Qur‟an Hidayatul Qur‟an Wonosobo dengan jumlah 7 santri.Teknik pengumpulan data dalam proses mencari dan menyusun menggunakanmetode observasi, tes, dan wawancara. Kemudian, Teknik analisis data yangdigunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan penarikankesimpulan dan verifikasi.Hasil penilitian adalah: 1) Pelaksanaan metode pembelajaran bagian(teileren method) untuk meningkatkan hafalan Al-Qur‟an santri Pondok PesantrenIlmu Al-Qur‟an Hidayatul Qur‟an Wonosobo berjalan dengan baik dan sesuaidengan harapan, hafalan siswa meningkat. 2) Nilai belajar siswa dengan diikutioleh 7 siswa pada pembelajaran prasiklus yaitu 68,09 dengan katergori baik dandilanjutkan dengan siklus I presentase belajar siswa meningkat menjadi 74,33dengan kaategori baik. Namun KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 75.Maka pada siklus I ini diadakan refleksi yang mana hafalan siswa belummeningkat secara maksimal dikarenakan belum terbiasanya siswa menggunakanmetode bagian (teileren method), maka dari itu perlu diadakakannya pembelajaransiklus II. Pada siklus II ini nilai belajar siswa meningkat dengan sangat pesat yaitumeningkat secara menjadi 84,23. Hal ini diadakan refleksi yang siswa sudahterbiasa dan sudah menerapkan pembelajaran menggunakan metode bagian(teileren method).
Kata kunci: Metode Pembelajaran, Teileren Method, Hafalan Al-Qur‟an


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Diana Faridatul Aulya - Personal Name
Student ID
2020010236
Dosen Pembimbing
Muhammad Saefullah, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
61201
Edisi
Published
Departement
Manajemen
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail