ELEKTABILITAS SELEBRITI DI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU PEMILIH PADA PEMILU 2024 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Politik

ELEKTABILITAS SELEBRITI DI MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PERILAKU PEMILIH PADA PEMILU 2024 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)

XML

TikTok telah memainkan peran yang semakin penting dalam pemilihan umum. Kandidatpolitik dan kampanye telah memanfaatkan platform ini untuk mencapai pemilih yang maksimal, tidak terkecuali para selebriti yang mulai ikut berkecimpung dalam dunia politik. Mahasiswajurusan ilmu politik dipilih untuk diteliti karena dianggap memiliki pengetahuan dan pemahamanpolitik yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruhelektabilitas selebriti di media sosial tiktok terhadap perilaku pemilih pada pemlu 2024 (StudiKasus Pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Sosial Politik Universitas Sains Al-Qur’an JawaTengah di Wonosobo).Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatankuisioner (angket) dengan jumlah sempel 80 Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Sosial PolitikUniversitas Sains Al-Qur’an dari angkatan 2020-2023. Peneliti menggunakan teori Abdullah (2023) sebagai landasan dalam penelitian ini. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini meliputiuji normalitas dan linearitas. Hipotesis terdiri dari regresi linear sederhana dan kofisiendeterminasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antaraelektabilitas seleberiti di media sosial tiktok dan perilaku pemilih pada pemilu 2024. Hal ini dapatdibuktikan dengan hasil koefisien determinasi Rsebesar 0,290 atau 29% dan nilai hasil t hitunglebih besar dari t tabel 5,641 > t tabel 1,991. Sehingga menunjukan adanya pengaruh elektabilitasselebriti di media sosial tiktok secara signifikan terhadap perilaku pemilih pada pemilyhh 2024. (2) Meski elektabilitas selebriti di media sosial TikTok memiliki pengaruh, berdasarkan dari data yangsudah diteliti elektabilitas selebriti di media sosial TikTok hanya berpengaruh sebesar 29%(rendah) terhadap perilaku pemilih pada pemilu 2024. (3) Terdapat pengaruh yang positif dansearah antara elektabilitas selebriti di media sosial tiktok dan perilaku pemilih pada pemilu 2024.Hal ini dapat di buktikan dengan nilain konstanta dan nilai b pada uji persemaan regresi liniersederhana dimana elektabilita selebriti di media sosial tiktok mengalami pengkatan sebesar 1%maka perilaku pemilih pada pemilu 2024 meningkat sebesar 0,536 atau 53,6% satuan.2Kesimpulannya elektabilitas selebriti di media sosial tiktok pada indikator kepopuleran,rekam jejak, dukungan partai politik dan penyampaian visi misi partai politik menunjukkanmemiliki pengaruh yang signifikan dengan rata-rata jawaban responden sangat setuju dan setuju.Kemudian perilaku pemilih pada pemilu 2024 pada indikator intensitas, ketrtarikan, pengulangan,pengetahuan dan pengambilan keputusan menunjukkan memiliki pengaruh yang signifikan denganrata-rata jawaban responden sangat setuju dan setuju. Oleh karena elektabilitas selebriti di mediasosial tiktok terdapat pengaruh yang signifikan akan tetapi rendah terhadap perilaku pemilih padapemilu 2024. Sehingga mahasiswa disarankan untuk membiasakan diri untuk lebih menyaring isuisupolitik yang diangkat selebriti tiktok dan memaksimalkan media sosial tiktok denganmengikuti akun-akun media sosial tiktok yang terpercaya, kemudian bagi peneliti selanjutnya yangtertarik pada judul topik yang sama, peneliti menyarankan agar isi penelitian dikembangkan lebihlanjut atau ditambahkan variabel-variabel lain yang mungkin terkait dengan judul topik ini. Hal inibertujuan untuk menyempurnakan variabel dan memahami berbagai pengaruh media sosialTikTok terhadap partisipasi politik online.
Kata kunci: Elektabilitas Selebriti, Media Tiktok, Perilaku Pemilih dan PEMILU 2024


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2020250018
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail