PROSES DAN DAMPAK PERENCANAAN DESA TAHUN 2022 TERHADAP MASYARAKAT (STUDI KASUS DESA DEMPEL, KECAMATAN KALIBAWANG, KABUPATEN WONOSOBO)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Politik

PROSES DAN DAMPAK PERENCANAAN DESA TAHUN 2022 TERHADAP MASYARAKAT (STUDI KASUS DESA DEMPEL, KECAMATAN KALIBAWANG, KABUPATEN WONOSOBO)

XML

Proses perencanaan desa harus sesuai dengan aturan dan regulasi, sepertiPermendagri Nomor 114 tahun 2014 dan Permendesa Nomor 21 tahun 2020.Partisipasi masyarakat sangat penting dalam memastikan kebutuhan dan aspirasimereka terakomodasi dalam rencana pembangunan desa. Ketidakaktifan masyarakatdalam forum perencanaan dapat menyebabkan pandangan dan kebutuhan merekaterabaikan, mengakibatkan rencana pembangunan yang tidak mencerminkankebutuhan riil. Sesuai permasalahan ini dapat dirumuskan masalah yaitu bagaimanatingkat partisipasi masyarakat Desa Dempel dalam proses perencanaan desa danbagaimana dampak perencanaan bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualikatif deskriptif. Sumber data padapenelitian menggunakan dokumentasi dan wawancara. Untuk jenis data menggunakandata sekunder dan data primer. Teknik pengumpulan data adalah langkah yangdilakukan dalam pengumpulan data yaitu wawancara dan studi arsip. Teknik analisisdata adalah langkah yang digunakan dalam sebuah penelitian agar tercapainya sebuahtujuan dari penelitian untuk merarik kesimpulan. Proses perencanaan desa di Desa Dempel sesui dengan regulasi yaitupermendagri nomor 114 tahun 2014 dan permendesa nomor 21 tahun 2020. Datakehadiran dalam Musrenbangdes tergolong tinggi, namun sangat disayangkan didalam forum masyarakat tidak aktif, sehingga pemerintah harus memberikan edukasilebih lanjut kepada masyarakat betapa pentingnya peran masyarakat dalam prosesperencanaan desa. tanggapan masyarakat sangat baik dan dampak dari perencanaandesa tahun 2022 yang dimplementasikan sangat positif. pemerintah harusmemanfaatkan sumber daya alam yang ada yakni tempat wisata berupa (gununggemantung) sesuai yang tercantum pada profil desa untuk mnedukung perekonomiandi Desa Dempel dan pengembangan desa mandiri melalui inovasi BUMDES untukmeningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalampengelolaan potensi ekonomi desa.
Kata Kunci: perencanaan desa, partisipasi masyarakat. dampak perencanaan desa.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Farikhatusafira - Personal Name
Student ID
2020250014
Dosen Pembimbing
Insan Mahmud.,S.E.,M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
67201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Politik
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail