UPAYA PENYELESAIAN TINDAK PIDANA PEMERKOSAAN DENGAN PERDAMAIAN MELALUI MEDIASI (Studi Kasus di Kantor Advokat dan Konsultan Hukum Agus Hermawan, S.H.. Dan Rekan)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Hukum

UPAYA PENYELESAIAN TINDAK PIDANA PEMERKOSAAN DENGAN PERDAMAIAN MELALUI MEDIASI (Studi Kasus di Kantor Advokat dan Konsultan Hukum Agus Hermawan, S.H.. Dan Rekan)

XML

Keadilan dalam sistem peradilan pidana selalu menjadi isu penting dalammasyarakat. Salah satu jenis tindak pidana yang paling mengguncang perasaan dankeamanan individu adalah tindak pidana pemerkosaan. Kasus pemerkosaan seringkali menimbulkan rasa takut dan trauma pada korban, sementara sistem peradilanpidana konvensional cenderung berfokus pada hukuman yang keras terhadappelaku, dengan sedikit perhatian terhadap rehabilitasi mereka. Hal inimengakibatkan adanya kebutuhan mendesak untuk mempertimbangkanpendekatan alternatif dalam menangani tindak pidana pemerkosaan yang lebihmementingkan pemulihan korban, rehabilitasi pelaku, dan memperbaiki hubungansosial di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang didasarkan pada temuanlapangan dalam hal ini data yang kami kumpulkan terdiri dari 2 macam yaitu datarimer dan data sekunder. Data primer yang kami gunakan adalah wawancara,observasi, sedangkan data sekunder terdiri dari peraturan perundang-undangan,karya ilmiah serta berita agar lebih komprehensif. Dalam penelitian ini kamimendapatkan bahwa kasus pemerkosaan memiliki dampak yang cukup masifterutama bagi korban, keluarga korban, hingga keluarga pelaku. Hal inidikarenakan pemerkosaan merupakan isu yang sangat sensitif sehingga perluadanya perlindungan privasi secara mendasar. Dalam menangani hal tersebutpendekatan perdamaian melalui mediasi merupakan alternatif terbaik saat ini karena selain dapat menutup akses privasi dari publik, hak-hak korban menjadilebih jelas dalam pemenuhannya, dibandingkan dengan sistem peradilan pidanasecara formal yang terkesan berbelit-belit dan lebih mementingkan untukmengisolasi pelaku dari dunia luar sebagai bentuk pidana.
Kata kunci: pemerkosaan, mediasi, hukum pidana


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ema utamisari - Personal Name
Student ID
2021090101
Dosen Pembimbing
Dr. Herman Sujarwo, S.H., M.H - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Linda Ikawati, S.H., M.H - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail