AKIBAT HUKUM PERUBAHAN NAMA IDENTITAS SESEORANG TERHADAP HAK-HAK KEPERDATAAN (Studi Kasus Penetapan No.213/Pdt.P/2021/PN.Wsb)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Hukum

AKIBAT HUKUM PERUBAHAN NAMA IDENTITAS SESEORANG TERHADAP HAK-HAK KEPERDATAAN (Studi Kasus Penetapan No.213/Pdt.P/2021/PN.Wsb)

XML

Penggantian nama adalah perubahan terhadap nama lamaseseorang menjadi nama yang baru melalui prosedur hukum pengajuanpermohonan penggantian atau perubahan nama. Tujuan dilakukanpenelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa dasar hokum danakibat hokum yang ditimbulkan Karena perubahan nama identitas seseorang. Metode penelitian yang digunakan deskriptif analisis dalampengumpulan data, digunakan metode observasi dan interview. Observasiyang dilakukan adalah dengan cara mengamati terhadap gejala-gejala yangterjadi pada masyarakat, kemudian mencatat secara langsung dansistematis. Wawancara yaitu mengajukan beberapa pertanyan secaralangsung. Temuan penelitian menunjukkan bahwa masih berlaku adat istiadatmengenai penggantian nama kecil menjadi nama dewasa. Pendekatan inimencakup: Penggantian nama adalah perubahan terhadap nama lamaseseorang menjadi nama yang baru melalui prosedur hukum pengajuanpermohonan penggantian atau perubahan nama. Dalam ketentuan Pasal52 Undang Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang AdministrasiKependudukan mengatur bahwa perubahan nama dilaksanakanberdasarkan penetapan pengadilan negeri tempat pemohon. Akibathukum merupakan konsekuensi hukum. Konsekuensi hukum ataspenggantian nama seseorang yaitu terhadap hukum keperdataan danhukum administrasi. Akibat hukum dari perubahan nama seseorangdalam hukum perdata yaitu segala sesuatu yang berhubungan denganhukum orang, hukum keluarga, hukum kekayaan, hukum waris. Akibathukum dari perubahan nama pada akta kelahiran terhadap hukumadministrasi yaitu terdapat pada beberapa bukti otentik, seperti aktakelahiran, nama di dalam Kartu Keluarga (KK) yang bersangkutan.
Kata Kunci: Dasar Hukum, Akibat Hukum, Perubahan Nama


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nurochman - Personal Name
Student ID
2020090115
Dosen Pembimbing
Dr. Herman Sujarwo, SH., M.H. - - Dosen Pembimbing 1
Nila Amania, S.H., M.H. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail