IMPLEMENTASI SISTEM E-TILANG DI KABUPATEN WONOSOBO DALAM MENDUKUNG PRINSIP-PRINSIP PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Hukum

IMPLEMENTASI SISTEM E-TILANG DI KABUPATEN WONOSOBO DALAM MENDUKUNG PRINSIP-PRINSIP PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE)

XML

Pada era globalisasi, penggunaan teknologi sangat penting dalamkehidupan, termasuk penegakan hukum lalu lintas. E-Tilang adalah peralatanelektronik yang diinisiasi oleh Kepolisian Republik Indonesia untuk memudahkanpenindakan pelanggaran lalu lintas. Dengan E-Tilang, transparansi informasidijamin karena semua data pelanggaran disimpan dalam aplikasi, mengurangipotensi korupsi karena tidak ada interaksi langsung antara pelanggar dan petugas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas sistem E-Tilangdalam mengurangi pungutan liar, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas,serta memahami tantangan yang di hadapi dalam penerapan sistem ini. Penelitianini dilaksankan di Satlantas Polres Wonosobo. Jenis penelitian yang digunakanadalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan berbagai pemangku kepentingantermasuk aparat penegak hukum, pemerintah daerah, dan masyarkat umum, untukmendapatkan gambaran yang komprehensif tentang implementasi sistem E-Tilang.Hasil pembahasan menunjukan bahwa sistem E-Tilang telah berhasilmengurangi praktek pungutan liar dan meningkatkan transparansi dalam rosespenegakan hukum. Namun, terdapat beberapa tantangan yang perlu diatasi sepertiketerbatasan infrastruktur teknologi dan kurangnya sosialisasi kepada masyarakat. Dengan demikian, diperlukan upaya berkelanjutan untuk mengoptimalkanpenerapan sistem ini guna mencapai pemerintahan yang baik dan bersih diKabupaten Wonosobo.Kata kunci: E-Tilang, Good Governance, Penegakan Hukum.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Bayu Firlana - Personal Name
Student ID
2020090059
Dosen Pembimbing
Dr. Herman Sujarwo, SH., M.H. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Linda Ikawati, S.H., M.H - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail