UNIVERSALISME RISALAH NABI MUHAMMAD (KAJIAN MUNASABAH Q.S IBRAHIM (14): 4, Q.S AL ANBIYAA’ (21): 107 DAN Q.S ASY-SYU’ARA (26): 195)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsi

UNIVERSALISME RISALAH NABI MUHAMMAD (KAJIAN MUNASABAH Q.S IBRAHIM (14): 4, Q.S AL ANBIYAA’ (21): 107 DAN Q.S ASY-SYU’ARA (26): 195)

XML

Setiap Rasul membawa risalahnya masing-masing dengan tujuan mengakumemuji Allah SWT, mengajak kebaikan dan melarang segala keburukan. Agamaagamayang dibawa Rasul sebelum Nabi Muhammad SAW diberikan Tuhanbersifat partikularisme, bersifat lokal dan nasional serta dibatasi pada waktu-waktutertentu sesuai dengan lingkungan dan bahasa kaumnya. Namun berbeda denganrisalah Islam, Islam merupakan agama surgawi terakhir yang dibawa oleh NabiMuhammad SAW, yang diturunkan kepada seluruh umat manusia atau bisa disebutUniversalisme, yang bersifat umum bagi seluruh umat, baik manusia maupun jin, Jadi permasalahan utama di sini adalah bagaimana pesan Nabi Muhammad SAWbisa diterima dan cocok untuk semua makhluk? Maka dalam penelitian ini sayamenggunakan kajian munasabah ayat untuk memperoleh korelasi yangkomprehensif terkait dengan ayat risalah Nabi Muhammad yaitu Q.S Ibrahim (14):4, Q.S Al Anbiyaa' (21): 107 dan Q.S Ash-Syu' ara (26): 195.Hasil penelitian ini ditemukan ayat-ayat munasabah dengan ayat-ayat hurufyang berbeda-beda, yang berkaitan dari segi pengucapan dan maknanya salingmelengkapi, yaitu risalah Nabi Muhammad SAW dalam bahasa umatnya yaitu“Arab” dan risalah Nabi Muhammad SAW dalam bahasa umatnya yaitu “Arab”dan risalah Nabi Muhammad saw. Nabi Muhammad SAW untuk seluruh umat, bukan hanya untuk umatnya. Dan wujud universalisme risalah Nabi MuhammadSAW terlihat dari ajarannya yaitu 1. hifzh al-din, 2. hifzh al-nafs 3. hifzh al-'aql 4.hifzh al-maal 5. hifzh al-nasl 6, hifzh al-'irdh, Jadi implementasi risalah ini adalah1. Ketundukan kepada Tuhan merupakan fitrah dan kebutuhan setiap manusia, 2. persamaan dan persaudaraan, tanpa membedakan kasta atau strata sosial, 3. Toleransi beragama artinya saling menghormati tanpa memaksakan keyakinan. 4.Pembebasan perempuan dan kesetaraan spiritual dengan laki-laki, 5. Pembebasandari segala jenis perbudakan, kemiskinan dan eksploitasi, 6. Kewajibanmenegakkan keadilan: Islam mewajibkan umatnya untuk bertindak adil, 7. Mengurangi kesombongan berdasarkan superioritas ras, kulit warna kulit, kekayaandan kekuasaan, 8. Penguasaan ilmu, karena agama Islam memberikan motivasiuntuk belajar dan memahami ilmu pengetahuan
Kata kunci: Risalah, Universalisme, dan Munasabah


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muhammad Yusuf - Personal Name
Student ID
2020080034
Dosen Pembimbing
Dr. Maurisa Zinira, S.Th.I.,M.A - - Dosen Pembimbing 1
Arif Al-Wasim, M.S.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
76231
Edisi
Published
Departement
Ilmu Alquran Dan Tafsir
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail