ANALISIS MASLAHAH MURSALAH TERHADAP PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENETAPKAN DISPENSASI KAWIN (Studi Putusan Nomor 426/Pdt.P/2023/PAWsb dan Putusan Nomor 441/Pdt.P/2023/PAWsb)

Detail Cantuman

Prodi Hukum Keluarga

ANALISIS MASLAHAH MURSALAH TERHADAP PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENETAPKAN DISPENSASI KAWIN (Studi Putusan Nomor 426/Pdt.P/2023/PAWsb dan Putusan Nomor 441/Pdt.P/2023/PAWsb)

XML

ANALISIS MASLAHAH MURSALAH TERHADAP PERTIMBANGANHAKIM DALAM MENETAPKAN DISPENSASI KAWIN (Studi PutusanNomor426/Pdt.P/2023/PAWsb danPutusanNomor441/Pdt.P/2023/PAWsb) Ana Mahbubah (2020060030) Dispensasi kawin adalah suatu kelonggaran yang diberikan olehPengadilan Agama kepada calon suami dan istri yang belum mencapai batasterendah agar dapat melangsungkan perkawinan. Dalam perkara yang dikabulkanputusan nomor 426/Pdt.P/2023/PAWsb dan perkara yang ditolak putusan nomor441/Pdt.P/2023/PAWsb. Dalam hal ini hakim memutuskan perkara tersebutdengan berbagai cara salah satunya dengan menggunakan Maslahah Mursalah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pertimbangan hakim dalammenetapkan dispensasi kawin dan mengetahui maslahah mursalah dalammenetapkan dispensasi kawin putusan nomor 426/Pdt.P/2023/PAWsb putusannomor 441/Pdt.P/2023/PA.Wsb.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitianpustaka (library research). Penelitian ini bersifat kualitatif dengan tujuan untukmengeksplorasi bagaimana hakim mempertimbangkan dispensasi kawin diPengadilan Agama Wonosobo dari perspektif situasi sosial. Sedangkan teknikpengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasiuntuk menggali data Hasil penelitian menunjukkan bahwa hakim menggunakan pendekatanmaslahah mursalah dalam proses pengambilan keputusan terkait dispensasi kawintersebut. Serta prinsip mencegah kemadharatan dan mengutamakan kemaslahatan, sesuai dengan prinsip-prinsip hukum islam. Alasan hakim memberikan keputusanini didasarkan pada pertimbangan maslahah dharuriyyah yang mendesak, Maslahah Hajjiyah, Al-Maslahah al-’ammah (maslahah umum) yang mengacupada hal-hal yang berkaitan dengan semua orang
Kata Kunci: Maslahah Mursalah, Dispensasi Kawin, Pertimbangan Hakim


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ana Mahbubah - Personal Name
Student ID
2020060030
Dosen Pembimbing
Dr. Mutho`am, S.H., M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
Nila Amania, S.H., M.H - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74230
Edisi
Published
Departement
Hukum Keluarga
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail