ANALISIS GENDER TERHADAP PERAN ISTRI BEKERJA DALAM MEMBENTUK EQUAL PARTNERSHIP (STUDI KASUS DI DESA KEBUMEN KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL)

Detail Cantuman

Prodi Hukum Keluarga

ANALISIS GENDER TERHADAP PERAN ISTRI BEKERJA DALAM MEMBENTUK EQUAL PARTNERSHIP (STUDI KASUS DI DESA KEBUMEN KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN KENDAL)

XML

Pada dasarnya pernikahan yaitu penyatuan dua insan antara laki-laki denganperempuan untuk membentuk rumah tangga atau keluarga yang harmonis dansudah menjadi fitrah manusia untuk saling berpasangan. Namun saat ini perempuandan laki-laki memiliki kedudukan yang sama dalam menuntut ilmu dan bekerja Tentu bukan hal yang aneh jika perempuan ikut serta dalam membantu mencarinafkah dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Dalam perkawinan terdapat polaEqual Partnership yaitu suami dan istri berada pada posisi yang setara yakni tidakaada posisi yang lebih tinggi atau lebih rendah, Istri memiliki hak dan kewajibandalam mengembangkan diri sepenuhnya dan melakukan tugas-tugas rumah tangga Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian deskriptifkualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan konseptualdan analisis terhadap permasalahan yang diambil, dengan membandingkan datalapangan dengan konsep yang berasal dari berbagai sumber seperti buku, majalah, makalah, koran, internet dan sumber lainnya. penulis mengambil lokasi penelitiandi Desa Kebumen Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Dari banyaknya iburumah tangga yang memenuhi kebutuhan rumah tangganya, sehingga penelititertarik melakukan penelitian di Desa Kebumen Kecamatan Sukorejo KabupatenKendal.Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya istri yang bekerja memilikiperan signifikan dalam menjaga keharmonisan rumah tangga. Dengan menerapkanpola equal partnership, istri bekerja dapat memberikan kontribusi yang positifterhadap dinamika keluarga. Mereka mampu memberikan kenyamanan, kentrentaman, kesejahteraan, dan kasih sayang kepada keluarga, yang menjadifaktor penting dalam membentuk keluarga harmonis dan sakinah. Hubungan antaraistri bekerja dan suami di Desa Kebumen menunjukkan bahwa Kerjasama dalammemenuhi kebutuhan ekonomi keluarga menciptakan hubungan yang lebih setara Keduanya saling memahami dan menjaga komunikasi yang baik, meskipun dalamsituasi dimana kedua pasangan bekerja.
Kata Kunci: istri bekerja, equal partnership, keharmonisan.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fatma Maudiah - Personal Name
Student ID
2020060012
Dosen Pembimbing
Dr. Maurisa Zinira, S.Th.I.,M.A - - Dosen Pembimbing 1
Ika Setyorini, S.H., M.H. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74230
Edisi
Published
Departement
Hukum Keluarga
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail