LARANGAN MENIKAH BAGI KARYAWAN ALFAMART DALAM TAHUN PERTAMA KERJA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Alfamart Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang)

Detail Cantuman

Prodi Hukum Keluarga

LARANGAN MENIKAH BAGI KARYAWAN ALFAMART DALAM TAHUN PERTAMA KERJA PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Alfamart Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan larangan menikah bagikaryawan Alfamart dalam tahun pertama kerja dari perspektif Hukum Islam.Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif-analitis, penelitian ini mengkajidasar kebijakan, dampaknya terhadap karyawan, dan kesesuaiannya dengan ajaranAl-Qur'an, Hadis, serta pendapat ulama.Rumusan masalah penelitian ini mencakup dasar kebijakan larangan menikahdi Alfamart, perspektif Hukum Islam mengenai kebijakan tersebut, dampaknyaterhadap hak pribadi karyawan, dan pandangan Al-Qur'an, Hadis, serta pendapatulama tentang larangan menikah. Data dikumpulkan melalui studi literatur danwawancara dengan ahli Hukum Islam dan praktisi Hukum.Penelitian ini diharapkan menunjukkan bahwa kebijakan larangan menikah diAlfamart perlu ditinjau ulang dari perspektif Hukum Islam, yang menekankanpentingnya pernikahan dan hak individu. Kebijakan perusahaan harusmempertimbangkan hak-hak karyawan, termasuk hak untuk menikah, sesuaidengan ajaran Islam yang menganjurkan pernikahan sebagai sunnah yang mulia Pernikahan merupakan iaspek ifundamental idalam ikehidupan imanusia, ibaik isecara pribadi maupun isosial. Kebijakan larangan menikah bagi karyawanAlfamart dalam tahun pertama kerja menimbulkan diskusi terkait dasar dandampaknya, terutama dari perspektif Hukum Islam. Alfamart, sebagai perusahaanritel besar di Indonesia, memberlakukan aturan ini untuk memastikan karyawanbaru dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja tanpa gangguan perubahan besarseperti pernikahan. Namun, dalam Hukum Islam, pernikahan adalah sunnah yangdianjurkan dan memiliki kedudukan penting. Larangan ini dapat dianggap sebagaiintervensi terhadap hak pribadi individu
Kata Kunci: Larangan Menikah, Karyawan Alfamart, Hukum Islam


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muhamad Yusril Ulya - Personal Name
Student ID
2019060037
Dosen Pembimbing
Dr.Reni Nur Aniroh, sy., M.S.I. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Herman Sujarwo, SH., M.H. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74230
Edisi
Published
Departement
Hukum Keluarga
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail