KAJIAN PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (STUDI KASUS PADA DINAS SOSIAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN WONOSOBO)

Detail Cantuman

Prodi Manajemen

KAJIAN PEMBERDAYAAN EKONOMI PEREMPUAN DALAM UPAYA MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN (STUDI KASUS PADA DINAS SOSIAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN WONOSOBO)

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan ekonomi perempuan dan kendalanya pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonosobo. Bentuk program pemberdayaan ekonomi perempuan dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui KUBE “Maribu”, keberlanjutan dari pemberdayaan Keluarga Pendukung Disabilitas (FSG) Perkumpulan Kelompok Keluarga Pendukung Disabilitas Mandiri Sejahtera (PKKPDMS) Kecamatan Watumalang.
Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, berlokasi di KUBE “Maribu” Desa Wonoroto. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui a) wawancara dengan Kepala Seksie Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Kemiskinan; TKSK Kecamatan Watumalang; Ketua KUBE “Maribu” b) observasi dan c) dokumentasi. Uji validitas data dilakukan melalui teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data.
Hasil penelitian menunjukkan kegiatan pemberdayaan ekonomi perempuan pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonosobo melalui KUBE “Maribu” memberi dampak baik terhadap perkembangan FSG PKKPDMS Kecamatan Watumalang melalui pemberian modal usaha oleh Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. KUBE “Maribu” dapat meningkatkan jumlah produksi dan bertambahnya ragam produk selain sabun cuci piring. Kendala yang dialami dalam pemberdayaan melalui KUBE “Maribu” adalah minimnya jiwa wirausaha para anggota sehingga kurangnya inovasi, pemasaran, maupun pengembangan produk.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Aiga Lisa Andriani - Personal Name
Student ID
2015110181
Dosen Pembimbing
Eni Candra Nurhayati, S.Pd., M.M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
61201
Edisi
Published
Departement
Manajemen
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FE-M 1573 AIG k
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail