EFEKTIVITAS PENGAJIAN SABTU PAGI DALAM PENGEMBANGAN PEMAHAMAN AJARAN ISLAM TERHADAP MASYARAKAT DI PONDOK PESANTREN ASSALAF DESA JLAMPRANG KECAMATAN WONOSOBO KABUPATEN WONOSOBO (Analisis Kajian Metode Dakwah)

Detail Cantuman

Prodi Komunikasi & Penyiaran I

EFEKTIVITAS PENGAJIAN SABTU PAGI DALAM PENGEMBANGAN PEMAHAMAN AJARAN ISLAM TERHADAP MASYARAKAT DI PONDOK PESANTREN ASSALAF DESA JLAMPRANG KECAMATAN WONOSOBO KABUPATEN WONOSOBO (Analisis Kajian Metode Dakwah)

XML

Penelitian ini membahas mengenai efektivitas pengajian sabtu pagi dengan analisis kajian metode dakwah yang digunakan da’i di Pondok Pesantren Assalaf Desa Jlamprang Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo dalam menyampaikan materi dakwah. Dengan rumusan masalah antara lain: (1) Apa saja metode dakwah yang digunakan oleh Kyai Abdul Mutholib di Pondok Pesantren Assalaf Desa Jlamprang? (2) Bagaimana pelakasanaan dakwah melalui pengajian sabtu pagi di Pondok Pesantren Assalaf Desa Jlamprang? (3) Bagaimana efektivitas metode dakwah melalui pengajian sabtu pagi di Pondok Pesantren Assalaf Desa Jlamprang?. Tujuan penelitian ini yaitu Untuk mengetahui metode dakwah, pelakasanaan dakwah, dan efektivitas metode dakwah melalui pengajian sabtu pagi di Pondok Pesantren Assalaf Desa Jlamprang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat induktif. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer. Untuk pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi digunakan oleh peneliti untuk mengetahui secara langsung terhadap objek yang diteliti. Wawancara digunakan untuk memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mencakup rumusan masalah dalam penelitian. Dan peneliti menggunakan dokumentasi sebagai bukti bahwa penelitian benar-benar dilakukan dan sebagai arsip oleh peneliti dalam mengolah hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pengajian sabtu pagi dengan mengkaji ayat-ayat Al-Qur’an yang didukung oleh hadist-hadist shahih demi menegakkan amar ma’ruf nahi munkar. Selain itu, penerapan penggunaan metode dakwah melalui pengajian sabtu pagi menggunakan metode dakwah ceramah. Efektivitas pada metode ini juga didukung dengan adanya metode tanya jawab yang berperan penting sebagai metode pendukung ataupun untuk saling melengkapi kekurangan metode ceramah.

Kata Kunci: Efektivitas, Pengajian, Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rifa Afiatissa’adah - Personal Name
Student ID
2017050026
Dosen Pembimbing
Drs. Samsul Munir Amin, M.A. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70233
Edisi
Published
Departement
Komunikasi dan Penyiaran Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail