Prodi Komunikasi & Penyiaran I
POLA KOMUNIKASI GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER (Studi Kasus pada RA Babusalam Wonosobo)
XMLPenelitian ini membahas tentang pola komunikasi guru pendidikan anak usia dini ix dalam menanamkan pendidikan karater studi kasus di RA Babusalam. Rumusan masalah yang di kaji dalam penelitian ini adalah bagaimana Pola komunikasi yang di guanakan guru PAUD di RA Babusalam dalam menanamkan pendidikan karakter, bagaimana efektifitas dari pola yang digunakan oleh guru PAUD di RA Babusalam dalam menanamkan pendidikan karakter dan apa saja faktor yang mendukung dan menghambat pola komunikasi yang digunakan guru PAUD di RA Babusalam. Rumusan masalah tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana ola komunikasi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan pendidikan karakter di RA Babusalam, mengetahui efektifitas dari pola yang digunakan dio RA Babusalam serta mengetahuai faktor apa saja yang mendukung dan menghambat komunikasi guru dan murid di RA Babusalam. Kedatangan peneliti di lapangan sangatlah penting mengingat skripsi ini adalah menggunakan kualitatif. Peneliti bertindak langsung dan mengumpulkan data dari hasil observasi yang mendalam seta terlihat lebih aktif dalam penelitian. Data yang sudah di dapatkan sewaktu wawancara dengan narasumber dewan guru di RA Babusalam. Dengan kata lain data-data tersebut berupa keterangan dan informasi, sedangkan data tambahanya adalah berupa dokumen yaitu di peroleh saat melakukan observasi dan dokumentasi. Analisis data di lakukan dengan cara mengambil data yang di peroleh selanjutnya di kembangkan sehingga menjadi hipotesis dan menghubungkan data atau pendapat yang sudah diperoleh kemudian di tarik kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut, pola komuniksai yang digunakan guru PAUD dalam menanamkan pendidikan karakter di RA Babusalam Wonosobo adalah menggunakan pola komunikasi dua arah. Efektifitas dari pola yang digunakan adalah dapat terlihat dari sikap dan prilaku murid yang jauh lebih baik dari sebelum sebelum masuk sekolah. Kemudian faktor yang mendukung antara lain adanya fasilitas sekolah yang memadahi, kegiatan sekolah yang menunjang, serta sumber daya pengajar yang mumpuni, sedangkan faktor penghambat pola komunikasi adanya faktor internal dan faktor ekternal.
Kata Kunci : Kominikasi, Guru, PAUD, Pendidikan Karakter
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Putri Cahyani - Personal Name
|
Student ID |
2014050025
|
Dosen Pembimbing |
Ali Mu'tafi., S.H.I., M.S.I. - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
70233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Komunikasi dan Penyiaran Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |