RELEVANSI DAKWAH DAN TASAWUF DI ERA MODERN (Analisis Novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy sebagai Media Dakwah)

Detail Cantuman

Prodi Komunikasi & Penyiaran I

RELEVANSI DAKWAH DAN TASAWUF DI ERA MODERN (Analisis Novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy sebagai Media Dakwah)

XML

Novel adalah salah satu karya sastra yang dapat dijadikan media dakwah yang efektif di era modern. Novel bukan hanya sebagai hiburan namun dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dakwah kepada pembaca. Dimana dalam pesan yang terkandung didalam novel mampu memotivasi pembaca melalui tulisan. Di era modern saat ini manusia dimudahkan dalam menjalani kehidupan sehari- hari dengan adanya teknologi dan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang, namun lupa pada hakikat sebagai manusia. Fitrah manusia sesungguhnya ialah untuk mengabdi kepada Allah SWT, sehingga di era modern yang serba mudah ini tak khayal apabila manusia mengalami kerusakan moral dan kehampaan spiritual. Hal ini menjadikan dakwah harus terus berkembang, dan salah satu alternatif untuk menjawab permasalahan yang dihadapi manusia modern ialah tasawuf. Novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy dapat dijadikan media dakwah yang didalamnya memperkenalkan nilai- nilai tasawuf yang dapat dijadikan contoh untuk kehidupan sehari- hari. Berdasarkan konteks diatas, peneliti tertarik untuk menganalisis Novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy sebagai sumber data primer, menggunakan jenis penelitian pustaka (library reaearch). Penelitian ini menggunkan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model analisis naratif Tzvetan Todorov. Menurut Tzevetan Todorov struktur narasi terbagi menjadi tiga bagian yakni alur awal (keseimbangan), alur tengah (kekacauan), dan alur akhir (keseimbangan). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdapat nilai- nilai tasawuf yang dinarasikan melalui novel Api Tuhid karya Habiburrahman El Shirazy sebagai media dakwah yang didalamnya termuat pesan dakwah seperti umrah, shalat, pernikahan, doa, takwa, tawakal, syukur, sabar, dan istiqamah yang terdapat pada alur awal, tengah, dan akhir.

Kata Kunci : Media Dakwah, Novel Api Tuhid, Narasi Tzvetan Todorov


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Fatati Nashiroh - Personal Name
Student ID
2017050047
Dosen Pembimbing
Samsurrohman, Alh., M. S. I. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70233
Edisi
Published
Departement
Komunikasi dan Penyiaran Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail