POLA KOMUNIKASI GURU TERHADAP SISWA TUNARUNGU (Studi Kasus Siswa Sekolah Dasar Di SLB-B Don Bosco Wonosobo)

Detail Cantuman

Prodi Komunikasi & Penyiaran I

POLA KOMUNIKASI GURU TERHADAP SISWA TUNARUNGU (Studi Kasus Siswa Sekolah Dasar Di SLB-B Don Bosco Wonosobo)

XML

Komunikasi merupakan hal yang mendasar yang dilakukan setiap manusia dalam kehidupannya untuk menyampaikan keinginan atau mempertahankan suatu persetujuan melalui komunikasi. Komunikasi dapat dilakukan untuk menyampaikan gagasan atau perasaan seseorang terhadap orang lain menggunakan lambang sehingga pesan yang disampaikan jauh lebih dipahami. Tidak semua orang dapat melakukan komunikasi dengan baik, seperti anak tunarungu wicara yang memiliki gangguan mendengarkan yang menyebabkan proses berbicara terhambat karena tidak mampu mendengarkan apapun. Anak unarungu adalah anak yang memiliki gangguan pada pendengarannya. Namun dengan keterbatasannya, anak tunarungu tetap memiliki hak untuk menempuh pendidikan seperti anak normal biasanya yang dilaksanakan di SLB. Yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana pola komunikasi guru terhadap siswa sangat dibutuhkan supaya anak tunarungu mampu menguasai bahasa sehingga anak tunarungu nantinya bisa berinteraksi dengan masyarakat biasa tanpa dipandang sebelah mata karena tidak bisa berkomunikasi dengan baik. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif menggunakan metode studi kasus yang menekankan pada pengumpulan informasi mendalam dengan mengamati langsung objek yang ada di SLB-B Don Bosco Wonosobo yaitu Siswa Sekolah Dasar, kemudian menghasilkan data secara deskriptif berupa kata-kata. pendekatan yang digunakan menggunakan metode pendekatan komunikasi dengan berasumsi pada salah satu teori model interaksionisme simbolik. Teknik pengumpulan data melaluli wawancara, observasi dan dokumentasi yang nantinya keabsahan data diuji melalui redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pola yang digunakan saat pembelajaran diawali oleh siswa guna memancing keaktifan siswa di forum dan mengasah kemampuan berbicara. Komunikasi yang digunakan menggunakan metode oral atau bahasa bibir yang disertai dengan bahasa isyarat dan bahasa tulis untuk mempertegas. Kendala yang terjadi bisa datang dari siswa berupa jarak apabila sedang menggunakan bahasa oral, sehingga untuk mengatasi kendala tersebut saat pembelajaran jarak antara siswa dan guru harus berdekatan untuk memicu pemahan siswa sehingga komunikasi tersampaikan dengan baik.

Kata kunci : komunikasi, tunarungu, pola komunikasi.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ataniya Salsabila - Personal Name
Student ID
2018050037
Dosen Pembimbing
Drs. Moh. Amin,M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
70233
Edisi
Published
Departement
Komunikasi dan Penyiaran Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail