PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA (Kajian buku membuat anak gila membaca karya mohammad fauzil adhim)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA (Kajian buku membuat anak gila membaca karya mohammad fauzil adhim)

XML

Audya Prawara. Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak MelaluiPembiasaan Membaca (Kajian Buku Membuat Anak GilaMembaca). Skripsi, Wonosobo, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Sains Al-Qur‟an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo.Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui peran orang tua terhadappendidikan anak melalui pembiasaan membaca. (2) Untuk mengetahui peranorang tua dalam mengembangkan minat dan kebiasaan membaca anak. (3) Untukmengetahui peran orang tua dalam melatih dan mendidik anak melaluipembiasaan membaca sesuai dalam buku Membuat Anak Gila Membaca karyaMohammad Fauzil Adhim.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitiankualitatif yang bersifat kepustakaan (library research). Sumber data yangdigunakan berasal dari sumber primer buku Membuat Anak Gila Membaca karyaMohammad Fauzil Adhim dan sumber data sekunder yaitu artikel-artikel, jurnal,dan situs-situs internet yang relevan serta berkaitan dengan pembahasan dalamskripsi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi, analisis psikologis, dananalisis komparatif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Peran orang tuadalam mendidik anak-anaknya sangatlah penting terutama dalam membaca.Seorang anak yang dibesarkan dalam keluarga pembaca biasanya akan mengikutiorang tuanya. Anak belajar dari orang tua, Selain dari nasihat yang kita berikan,mereka terutama belajar dari ucapan-ucapan yang kita ucapkan secara spontanserta perbuatan yang biasa kita lakukan sehari-hari. Orang tua berperan dalammendidik anak karena pada dasarnya pendidikan anak adalah tanggung jawaborang tua. Peran orang tua dalam mengembangkan minat dan kebiasaan membacaanak pertama kali harus ditanamkan melalui pendidikan dan kebiasaan keluargapada masa peka yaitu sekitar usia 5 sampai 6 tahun. Kebiasaan membaca bukuharus dibudayakan dalam kehidupan sehari-hari terutama pada lingkungankeluarga. Dengan membaca buku anak akan menjadi tahu tentang ilmupengetahuan dan berwawasan luas. Peran orang tua dalam melatih dan mendidikanak melalui pembiasaan membaca sesuai dalam buku Membuat Anak GilaMembaca karya Mohammad Fauzil Adhim yaitu dengan cara bermain jadikanlahkegiatan mambaca seperti bermain bagi anak. saat membaca perlu dikondisikanmenjadi saat yang menyenangkan sehingga anak merasakan kebahagiaan dankebersamaan dengan orang tua. Jadi jangan bebani anak untuk selalu membaca,jadikan membaca sebagai suatu yang menyenangkan bagi anak.

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Anak, Membaca.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Audya Prawara - Personal Name
Student ID
2018010235
Dosen Pembimbing
Dr. H. Abdul Majid, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Salis Irvan Fuadi, M.Pd.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Firdaus, M.Pd - - Penguji 2
H. Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail