INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI SMP MA’ARIF KALIBAWANG WONOSOBO TAHUN 2022/2023

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI SMP MA’ARIF KALIBAWANG WONOSOBO TAHUN 2022/2023

XML

Faya Faradilla. INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMAISLAM PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DISMP MA’ARIF KALIBAWANG WONOSOBO TAHUN 2022/2023.Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK).Universitas Sains Al- Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo 2023.Internalisasi hakikatnya adalah sebuah proses menanamkan sesuatu,keyakinan, sikap dan nilai-nilai perseorangan (mempribadi) yang mewujudmenjadi perilaku sosial. Namun proses penanaman tersebut tumbuh dari dalam diriseseorang sampai pada penghayatan suatu nilai. Pendidikan Agama Islam disekolah yang sedang berlangsung belum memenuhi harapan kita sebagai umatIslam mengingat kondisi dan kendala yang dihadapi, pembelajaran di sekolahumum masih mengalami kurangnya efektifitas waktu pada mata pelajaranPendidikan Agama Islam. Kegiatan pramuka dapat menjadi salah satu kegiatanyang dapat dilakukan dalam menunjang pembelajaran agama islam di sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatanpramuka di sekolah serta bagaimana proses internalisasi nilai nilai pendidikan padakegiatan ekstrakulikuler pramuka,serta bagaimana kendala dan solusi apa yangdihadapi dalam pelaksanaan internalisasi nilai nilai pendidikan agama islam padakegiatan ekstrakulikulet pramuka di SMP Ma’arif Kalibawang Wonosobo.Penelitin ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakanpendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yangmenggunakan metode observasi, wawancara, analisis isi, dan metode pengumpuldata. Lokasi penelitian ini adalah SMP Ma’arif Kalibawang Wonosobo. Setelahdata terkumpul kemudian di analisis menggunakan analisis data yaitu, reduksi data,penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan proses internalisasi nilai-nilai pendidikanagama islam pada kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SMP Ma’arif KalibawangWonosobo. Pertama, kegiatan pramuka di SMP Ma’arif Kalibawang Wonosobosudah berjalan dengan baik. Kedua, proses internalisasi nilai-nilai pendidikanagama islam pada kegiatan ekstrakulikuler pramuka yang disampaikan sudahsesuai dengan nilai-nilai pendidikan agama islam. Ketiga, faktor pendukung danfaktor penghambat dalam pelaksanaan proses internalisasi nilai-nilai pendidikanagama islam pada kegiatan ekstrakulikuler pramuka diantaranya: 1) Faktorpendukung yaitu adanya dukungan dari kepala sekolah dan orang tua siswa,menggunakan metode yang menarik perhatian siswa dengan membuat siswa agarlebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan kegiatan pramuka dengan memberikanlebih banyak kesempatan untuk mereka berkreasi. 2) Faktor penghambatdiantaranya kurangnya minat siswa dalam mengikuti kegiatan pramuka, dankegiatan pramuka dirasa kurang menarik bagi siswa.

Kata Kunci : Internalisasi, Pendidikan Agama islam, Pramuka


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Faya Faradilla - Personal Name
Student ID
2019010042
Dosen Pembimbing
Drs. H. Nasokah, alh.,M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Ahmad Robihan, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail