Prodi Pendidikan Agama Islam
INTERNALISASI PENDIDIKAN ASWAJA AN-NAHDLIYAH DI DESA BOJASARI, KECAMATAN KERTEK, KABUPATEN WONOSOBO
XMLEdy Supriyanto, 2022, INTERNALISASI PENDIDIKAN ASWAJA ANNAHDLIYAHDI DESA BOJASARI, KECAMATAN KERTEK,KABUPATEN WONOSOBO. Sekripsi wonosobo: Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tenggah diWonsobo.Penelitian ini bertujuan untuk 1. Untuk mengetahui internalisasipendidikan ke-Nu-an di Desa Bojasari; 2. Untuk mengetahui pengiatan amaliyahaswaja di Desa Bojasari; 3. Untuk mengetahui cara dalam menangulangiinternalisasi faham-faham islam transnasional.Pendekatan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif (qualitativeresearch), dengan metode penelitian yang di gunakan yaitu metode deskriptifanalisis. Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang diarahkan untukmemaparkan gejala-gejala, fakta-fakta, atau kejadian-kejadian secara sistematisdan akurat, mengenai sifat-sifat populasi daerah tertentu. untuk mendapatkaninformasi secara lengkap serta untuk menentukan tindakan yang akan diambilsebagai langkah penting dalam kegiatan penelitian. Awal penelitian sebelumsegalanya dipersiapkan baik perangkat maupun instrumen yang diperlukan dalammenunjang penelitian, perlu dilakukan kegiatan penelusuran lapangan yangrealitistis untuk mengetahui lebih detail dan memberikan kerangka berpikir,khususnya referensi yang relevan.Hasil penelitian menunjukan pada pentingnya internalisasi pendidikanaswaja an-nahdliyah di lingkungan masyarakat. Sebagai kaum nahdliyin haruspaham mengenai batasan, sunah-sunah dan lain sebagainya yang ada di dalamajaran aswaja tersebut, mana yang harus di jalankan dan mana yang harus dihindari (radikalisme), dengan paham nilai-nilai aswaja seperti tasamuh,tawassuth,tawazun, dan amar ma’ruf nahi mungkar. Internalisasi pendiddikan aswajaannahdliyah yang ada di desa Bojasari, memberikan dampak yang baik dikalangan masayarakat, sehingga adanya pendidikan aswaja yang diajarkan secaralangsung dan bersingunggan dengan keadaan atau realitita yang ada dimasayarakat, sehingga mudah untuk di mahaminya, karena masyarakatcenderunglebih melekat dengan apa yang sudah terlebih dahulu mapan dilingkungannya.Masuknya nilai-nilai annahdliyah atau aswaja juga melalui proses yang panjangdengan pembiasan, kesadaran hati, sampai mempengaruhi alam bawa sadar untuklebih istiqomah lagi dengan nilai dan ajaran yang telah didapatnya. internalisasiterjadi di dalam pendidikan menerapkan nilai-nilai Aswaja baik melaluipelajaran ataupun melalui kegiatan-kegiatan praktik yang diadakannya. Sehinggamelalui proses internalisasi maka masayarakat Desa Bojasari dapat memaknainilai-nilai Aswaja dan NU yang selama ini mereka yakini menurutsubyektifitasnya masing-masing.
Kata Kunci: Internalisasi Pendidikan Aswaja An-Nahdliyah
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Edy Supriyanto - Personal Name
|
Student ID |
2017010348
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |