Prodi Pendidikan Agama Islam
PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 PUNGGELAN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022
XMLCahyara Rahma Ifatuni’mah. PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIKDAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJARSISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMAISLAM SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1PUNGGELAN BANJARNEGARA. Skripsi. Wonosobo : Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah diWonosobo, 2022.Pendidikan adalah hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Untukmendapatkan Pendidikan yang berkualitas tentunya dibutuhkan faktorpendodorong. Beberapa faktor pendorong tersebut yaitu kompetensi pedagogikguru dan media pembelajaran. Dimana dua faktor tersebut dapat meningkatkanhasil belajar siswa apabila memiliki kualitas yang baik. Tujuan dari penelitian iniyaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru dan mediapembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PAI siswa kelas XIAkuntansi di SMK Negeri 1 Punggelan Banjarnegara.Penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif asosisatif. Teknikpengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, wawancara dan angket.Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer berupa datayang diperoleh dari hasil angket dan data sekunder yang berupa data yang diberikanoleh pihak sekolah. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswakelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Punggelan Banjarnegara yang berjumlah 140siswa dan sampel yang digunakan sebanyak 60 siswa. Penelitian ini menggunakanuji prasyarat berupa uji normalitas dan uji linieritas. Kemudian uji regresi berganda,uji t dan uji f sebagai uji analisis data.Hasil penelitian melalui analisis regresi ganda dengan persamaan Y =69,640 + 0,106X1 + 0,171X2. Dari persamaan analisis regresi tersebut dapatdisimpulkan : 1) Kompetensi pedagogik guru memberikan pengaruh positifterhadap hasil belajar siswa dengan koefisien 0,106. Hal tersebut peroleh daripenghitungan uji t dengan hasil thitung = 2,048>ttabel = 2,0003 dan nilaisignifikansi <0,05; 2) Media pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasilbelajar siswa dengan koefisien 0,171. Hal tersebut peroleh dari penghitungan uji tdengan hasil thitung = 2,035>ttabel = 2,0003 dan nilai signifikansi <0,05; 3)Melalui uji f dengan hasil hitung Fhitung = 5,431 > Ftabel = 3,15 menjunjukkanbahwa kompetensi pedagogik dan media pembelajaran secara bersama-samaberpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Kata kunci : Komptensi Pedagogik, Media Pembelajaran, Hasil Belajar.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Cahyara Rahma Ifatuni’mah - Personal Name
|
Student ID |
201801037
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |