Prodi Pendidikan Agama Islam
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BANDONGAN TERHADAP PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRI DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN AL-ASY’ARIYYAH WONOSOBO
XMLWarniati., EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BANDONGANTERHADAP PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SANTRI DIPONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR’AN ALASY’ARIYYAHWONOSOBO. Skripsi, Wonosobo: Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengahdi Wonosobo, 2021Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pelaksanaan modelpembelajaran bandongan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah(2) Keadaan akhlakul karimah santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an AlAsy’ariyyah(3) Efektivitas model pembelajaran bandongan terhadap pembinaanakhlakul karimah santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan. Adapunpendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatifdeskriptif. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primerdan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahdengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, penelitimenggunakan teknik analisis data deskriptif yang akan diperoleh melaluipendekatan kualitatif, dimana data-data tersebut dihasilkan dari penelitian dankajian baik secara teoritis maupun empiris.Hasil penelitian menunjukkan yaitu: (1) Pelaksanaan model pembelajaranbandongan di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyah dilaksanakansetiap Minggu pagi, materi pembelajaran yang digunakan adalah kitab kuning,adapun kitab yang dikaji ditentukan oleh ustadz yang mengampu (2) Keadaanakhlakul karimah santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Asy’ariyyahpada umumnya sudah cukup baik, akan tetapi ada beberapa santri yangmembutuhkan perhatian dan pembinaan khusus. Karena mempunyai akhlak yangkurang atau dapat dikatakan belum baik (3) Model pembelajaran bandongankurang efektif terhadap pembinaan akhlak santri. Karena masih terdapat beberapasantri yang ketika proses pembelajaran cenderung menunjukkan sikap acuh ataubermain sendiri seperti tidur, mengobrol dengan tamannya, atau berangkatterlambat.
Kata kunci: Model Pembelajaran, Bandongan, Pembinaan, AkhlakulKarimah
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Warniati - Personal Name
|
Student ID |
2017010096
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2021 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |