PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTs. TERPADU AL KAUTSAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN FIKIH KELAS VII DI MTs. TERPADU AL KAUTSAR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

XML

Anisah, Siti. 2021 Penerapan Pendekatan Saintifik dalam PembelajaranFikih Kelas VII Di MTs. Terpadu Al Kautsar TahunPelajaran 2020/2021.Skripsi, Wonosobo : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo,2021Pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancangsedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengkonstruksikan konsep,hukum atau prinsip melalui tahapan- tahapan observing, Questioning,Experimenting, Associating, Communicating. MTs Terpadu Al KautsarWonosobo merupakan madrasah yang sudah menerapkan kurikulum 2013 denganpendekatan saintifik namun kenyataan pendekatan saintifik pada mata pelajaranfikih belum berjalan dengan baik. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian danmembuktikan penerapan pendekatan saintifik dalam mata pelajaran fikih di MTsTerpadu Al Kautsar Wonosobo.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah tentang Bagaimanapelaksanaan pendekatan saintifik di kelas VII MTs. Terpadu Al Kautsar?,Bagaimana hasil belajar peserta didik kelas VII MTs. Terpadu Al Kautsar?,Sejauhmana efektifitas pelaksanaan pendekatan saintifik terhadap peningkatanhasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fikih di kelas VII MTs. Terpadu AlKautsar.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metodepengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Mattew B.Miles dan Michael Huberman yang meliputi reduksi data, display data danpengambilan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifik diMTs Terpadu Al Kautsar Wonosobo pada pembelajaran fikih Kelas VII sudahberjalan dengan baik di lihat dari aspek observing, Questioning, Experimenting,Associating, Communicating. Adapun kendala yang dialami ketika menerapkanpendekatan saintifik adalah waktu yang terlalu singkat, siswa merasa malu, danpersiapan pembelajaran. Kelebihan penerapan pendekatan pembelajaran saintifikadalah membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran, siswa menjadi lebihpaham dalam memahamai materi, siswa bisa mendapat pengetahuan baru apayang ada di dalam materi dengan mudah sehingga dapat meningkatkan hasilbelajar peserta didik. Sehingga penerapan pendekatan saintifik pada matapelajaran fikih kelas VII di MTs Terpadu Al Kautsar Wonosobo adalah Efektifdan perlu ditingkatkan.

Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Kurikulum 2013


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Siti Anisah - Personal Name
Student ID
2014010275
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. H. Abdul Majid, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail