KONSEP PENDIDIKAN BAGI WANITA MUSLIMAH DALAM KISAH KEHIDUPAN KHADIJAH RA (Kajian Buku Khadijah ra. Teladan Agung Wanita Mukminah, Karya Ibrahim Muhammad Hasan Al-Jamal)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

KONSEP PENDIDIKAN BAGI WANITA MUSLIMAH DALAM KISAH KEHIDUPAN KHADIJAH RA (Kajian Buku Khadijah ra. Teladan Agung Wanita Mukminah, Karya Ibrahim Muhammad Hasan Al-Jamal)

XML

Nur Oktavia. 2021. KONSEP PENDIDIKAN BAGI WANITA MUSLIMAHDALAM KISAH KEHIDUPAN KHADIJAH RA (Kajian BukuKhadijah ra. Teladan Agung Wanita Mukminah Karya IbrahimMuhammad Hasan Al-Jamal), Wonosobo, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an(UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo.Penelitian ini meliputi bagaimana sosok dari seorang Khadijah RA,bagaimana konsep pendidikah Khadijah RA yang diterapkan dalam kehidupan,apa saja konsep pendidikan Khadijah RA terhadap kehidupan wanita masasekarang.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dalam bentuk libraryresearch. Dengan menggunakan sumber data primer secara langsung dari buku,tulisan, jurnal, dan sebagainya, dan data sekunder yaitu sumber tidak langsungmemberikan data kepada pengumpul data, lewat orang lain atau dokumen. Makateknik pengumpulan datanya meliputi pencarian bahan-bahan yang memilikikaitan erat dengan penelitian, baru kemudian diikuti dengan data-data lain yangdianggap mendukung. Sedangkan analisis data menggunakan content analysis(analisis isi) dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa keberhasilan Khadijah bintiKhuwailid RA. Dalam mendidik Fatimah as-Zahra RA. Menjadi perempuan yangalim dan memiliki firasat yang tajam dipengaruhi oleh berbagai hal. Kecerdasanspiritual, keshalihahan, akhlak yang mulia, dan kebijaksanaan merupakan faktorkeberhasilan pengasuhan yang sebentar dan membawa dampak yang luar biasa.Pendidikan tersebut bisa diambil dari sosok Khadijah RA istri pertama RasulullahSAW yang merupakan wanita pertama yang hatinya tersirami keimanan yangdikhususkan Allah SWT. untuk memberikan keturunan bagi Rasulullah SAW.,serta wanita yang bisa memotivasi kepada wanita zaman sekarang agar menjadiwanita yang kuat, berakhlak dan berpendidikan.

Kata Kunci: Konsep, Pendidikan, Kehidupan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nur Oktavia - Personal Name
Student ID
2017010013
Dosen Pembimbing
Drs. K.H. Muchotob Hamzah, M.M - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail