STUDI ANALISIS KONSEP WAJIB BELAJAR DALAM KURIKULUM PESANTREN DI INDONESIA (Studi kepustakaan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiín Lirboyo Kediri)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

STUDI ANALISIS KONSEP WAJIB BELAJAR DALAM KURIKULUM PESANTREN DI INDONESIA (Studi kepustakaan Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiín Lirboyo Kediri)

XML

Nur Fadhilatul Fajriah. Studi Analisis Konsep Wajib Belajar DalamKurikulum Pesantren Di Indonesia ( Studi Kepustakaan Pondok PesantrenHidayatul Mubtadiín Lirboyo Kediri ) Skripsi, Wonosobo: Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan. Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo,9 Juni 2021.Konsep wajib belajar dalam system pendidikan pesantren dimungkinkanberbeda dengan system pendidikan nasional, sebagaimana kurikulum yangberlaku juga berbeda. Adapun rumusan masalahnya yaitu;(1) BagaimanakahKurikulum Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiín (2) Bagaimana konsep wajibbelajar dalam kurikulum Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiín?. Penelitian inibertujuan untuk (1) mengetahui bagaimanakah Kurikulum Pondok PesantrenHidayatul Mubtadiín (2) mengetahui bagaimana konsep wajib belajar dalamkurikulum Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiín. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif jenis library research. Pengumpulan data dilakukan melaluidua cara yaitu: wawancara, dan penelitian kepustakaan. Analisis data dilakukanmelalui cara yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.Penelitian ini menghasilkan temuan yaitu, Kurikulum di Pondok PesantrenMubtadiín memperhatikan kesepakatakn antara pihak sekolah dan PondokPesantren Hidyatul Mubtadiín dalam kurikulum, kelulusan Pondok PesantrenHidyatul Mubtadiín dituntut untuk memiliki kualifikasi keilmuan agama. Konsepkurikulum di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiín menggunakan konsep Longlife education, dan memiliki 4 tingkatan: Tingkatan Ibttidaiyah, TingkatanTsanawiyah, Tingkatan Aliyah, Tingkat I’dadiyah.

Kata kunci: Kurikulum, Konsep Wajib Belajar


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nur Fadhilatul Fajriah - Personal Name
Student ID
2017010150
Dosen Pembimbing
Dr. K.H. Muchotob Hamzah, M.M - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail