RELASI KALIMAH TAYYIBAH DAN ‘AMAL SALEH MENURUT TAFSIR AL-KASYSYAF DAN TAFSIR AL-MARAGI Q.S FATIR AYAT 10 (Kajian Tafsir Muqaran)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsi

RELASI KALIMAH TAYYIBAH DAN ‘AMAL SALEH MENURUT TAFSIR AL-KASYSYAF DAN TAFSIR AL-MARAGI Q.S FATIR AYAT 10 (Kajian Tafsir Muqaran)

XML

Skripsi ini membahas mengenai relasi kalimah T}ayyibah dan ‘Amal S}aleh } dalam al-Qur’an Surat Fat}ir Ayat 10. Kalimah T}ayyibah ialah kalimah-kalimah yang terpuji seperti: bacaan al-Qur’an, tauhid, z|ikir, tahlil dan lain sebagainya. Sementara ‘Amal S}aleh ialah ‘Amalan-’Amalan wajib yang diperintahkan Allah untuk dikerjakan oleh kaum muslimin. Kedua ‘Amal tersebut merupakan ‘Amal yang diterima/angkat oleh Allah SWT sehingga mendapatkan kemuliaan-Nya. Maka skripsi ini mengkaji tentang relasi antara kalimah T}ayyibah dengan ‘Amal shalih pada surat Fat}ir ayat 10 dengan menggunakan perbandingan tafsir alKasysya>f dan al-Maraghi. Penelitian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi Muqa>ran (komparatif). Datadata yang terkait dengan penelitian ini dikumpulkan melalui studi pustaka dengan pendekatan analisis komparatif yaitu dengan menjelaskan tafsiran surat Fat}ir ayat 10 dari pandangan mufassir satu (az-Zamakhsari) dengan mufassir dua (alMaraghi) dan menganalisa perbandingan antara kedua tafsir tersebut sebagai data primer, buku-buku literatur yang berkaitan sebagai data sekunder. Adapun hasil penelitian ini adalah kalimah T}ayyibah dan ‘Amal S}aleh memiliki relasi secara khusus pada surat Fat}ir ayat 10 yaitu keduanya merupakan ‘Amal yang Allah SWT menerimanya dan Allah SWT akan mengangkat derajat bagi siapa yang meng’Amalkannya. Dan hasil dari analisis komparatif dari tafsir alKasysya>f dan al-Maraghi ditemukannya beberapa pendapat yang sama dan berbeda, baik dari segi penafsiran, corak penafsiran, cara baca (ْدعصي), latar belakang mufassir dan lain-lain. Hikmah dari penelitian ini ialah memberi informasi bahwa dengan melakukan ‘Amalan-’Amalan kalimah T}ayyibah dan ‘Amal S}aleh hidup akan diiringi petunjuk (hidayah), kebahagian di dunia dan di akhirat. Karena dengan meng’Amalkannya dengan iman dan ikhlas dan setiap langkah kita diridhoi oleh Allah SWT. muslim yang berkata dengan perkataan baik dan meng’Amalkan perbuatan di jalan Allah maka akan merasakan dampak positifnya.

Kata Kunci : Relasi, Kalimah T}ayyibah, ‘Amal S}aleh }, al-Kasysya>f dan al-Mara>gi >.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ami Dwi Nursabani - Personal Name
Student ID
2017080030
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
76231
Edisi
Published
Departement
Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail