KONSEP EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT SEBAGAI MODEL PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK MANUSIA YANG BERBUDI PEKERTI MULIA (Kajian Q.S. Al Ahzab ayat 21)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

KONSEP EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENT SEBAGAI MODEL PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK MANUSIA YANG BERBUDI PEKERTI MULIA (Kajian Q.S. Al Ahzab ayat 21)

XML

Muhamad Zaenuri. KONSEP EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIENTSEBAGAI MODEL PENDIDIKAN ISLAM DALAMMEMBENTUK MANUSIA YANG BERBUDIPEKERTI MULIA (Kajian Q.S Al Ahzab ayat 21).Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Sains Al- Qur‟an Jawa Tengah di Wonsobo,2021.Al Qur‟an sebagai sumber dari segala ilmu memiliki peranan yang pentingdalam kehidupan. Masih minimnya pemahaman tentang kandungan Al Qur‟anmengakibatkan munculnya anggapan bahwa, pola berpikir yang bersumber darikecerdasan intelektual (IQ) dianggap sebagai primadona, sedangkan potensi diri (EQdan SQ) masih dianggap sebagai pelengkap. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui konsep ESQ dalam Q.S Al Ahzab ayat 21, untuk mengetahui perspektifpara mufassir tentang Q.S Al Ahzab Ayat 21 kaitannya dengan konsep ESQ sebagaiupaya membentuk manusia yang berbudi pekerti mulia, mengetahui aktualisasikonsep ESQ pada masa sekarang dalam membentuk manusia yang berbudi pekertimuliaPenelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan merupakanpenelitian library research (studi pustaka), yaitu penelitian yang dilakukan dengancara pengumpulan data melalui buku-buku yang berkaitan dengan masalah yangpenulis teliti. Dalam hal ini tentunya tidak lepas dari tafsir Al Qur‟an serta penelitianpnelitianterdahulu. Adapun analisis yang digunakan yakni menggunakan analisistahlili.Hasil dari analisis mengenai konsep emotional spiritual quotien (ESQ) tidaklepas dari isi yang terkandung dalam Q.S Al Ahzab ayat 21, yang mana pokokbahasannya bahwa rasululloh SAW adalah sebagai suri tauladan, panutan dalamsemua aspek kehidupan. Meneladani Rasulullah merupakan sebuah metode dalamdunia pendidikan Islam, dalam membentuk manusia yang kuat imannya sertaberperilaku mulia. Pada dasarnya, ESQ merupakan sebuah konsep dalam membentukmanusia yang bisa mengontrol diri, mengendalikan dorongan hati, mengembangkankecerdasan hati seperti inisiatif, optimisme, memotivasi diri sendiri, mampumemaknai setiap tindakan sebagai ibadah.

Kata kunci : Konsep Emotional Spiritual Quotient, Pendidikan Islam, BerbudiPekerti Mulia, dan Q.S Al-Ahzab ayat 21.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Muhamad Zaenuri - Personal Name
Student ID
2021010386
Dosen Pembimbing
KH. Mukromin, Alh, M.ag - - Dosen Pembimbing 1
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail