KAJIAN NASKAH SALINAN MUSHAF AL-QUR’AN KOLEKSI PONDOK PESANTREN AL-MARSHUF BENDOSARI SAPURAN (KAJIAN FILOLOGI DAN RASM MUSHAF)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsi

KAJIAN NASKAH SALINAN MUSHAF AL-QUR’AN KOLEKSI PONDOK PESANTREN AL-MARSHUF BENDOSARI SAPURAN (KAJIAN FILOLOGI DAN RASM MUSHAF)

XML

Penelitian ini berawal dari informasi adanya manuskrip mushaf Al-Qur’an kuno di pondok pesantren Al-Marshuf Bendosari Sapuran. Penulis mulai tertarik untuk mengkaji manuskrip tersebut. Dalam skripsi ini penulis membatasi permasalahan pada dua hal. Pertama bagaimana pernaskahan dalam salinan manuskrip mushaf Al-Qur’an tersebut, dan Kedua bagaimana penggunaan rasm nya. Untuk mengetahui pernaskahan dari manuskrip maka dibutuhkan ilmu filologi, karena peneliti dapat menemukan informasi tentang masa lalu yang tersimpan dalam peninggalan teks. Sedangkan dengan kajian rasm mushaf peneliti bisa mengidentifikasi rasm yang digunakan serta dapat mengetahui perkembangan penulisan Al-Qur’an pada masa itu. Objek dari penelitiannya adalah menggunakan manuskrip mushaf Al-Qur’an koleksi ponpes Al-Marshuf dengan model penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu gabungan (lapangan dan kepustakaan) , kemudian menggunakan metode deskriptif analitis dan pendekatannya dengan menggunakan kajian filologi dan rasm mushaf. Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, terdapat dua kesimpulan, pertama kemungkina manuskrip mushaf tersebut ada sebelum tahun 1820 M, ini mengacu pada kertas yang digunakan. Kedua, penggunaan rasm dalam manuskrip cenderung tidak konsisten, terdapat dua jenis rasm di dalamnya, yaitu rasm usmani dan rasm imla’i.

Kata Kunci : Naskah manuskrip, Ponpes Al-Marshuf, Filologi dan Rasm Mushaf.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Aola Farhatuzzahro - Personal Name
Student ID
2016080016
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
76231
Edisi
Published
Departement
Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail