PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI DI KABUPATEN PEMALANG

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MASA PANDEMI DI KABUPATEN PEMALANG

XML

Iska Amalia (2021) NIM : 2017010227. Peran Orang Tua DalamMendampingi Anak Belajar Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi DiKabupaten Pemalang.Pokok masalah penelitian ini mengenai peran orang tua dalammendampingi anak belajar pendidikan agama islam di masa pandemi di DesaSima Krajan Rt04/Rw05. Masalah tersebut di rumuskan dalam beberapa rumusanmasalah, yaitu: permasalahan penelitian ini peran orang tua dalam mendampingianak belajar dirumah dimasa pandemi, strategi orang tua dalam mendampingianak belajar dirumah dimasa pandemi di desa Sima Krajan, kendala orang tuadalam mendampingi anak belajar di masa pandemi.Jenis penelitian ini tergolong kualitatif deskriptif, dimana penelitian inilebih menekankan pada analisis pada penyimpulan secara induktif dan deduktifdengan menggunakan logika ilmiah. Peneliti sendirilah yang menjadi instrumenpenelitian untuk mendapatkan data secara langsung dari sumbernya. Karna untukmendapatkan gambaran sistematis, faktual dan akurat mengenai peran orang tuadalam mendampingi anak selama di rumah di masa pandemi di desa Sima Krajan.Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi,wawancara dan dokumentasi.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Peran orang tua merupakanperan yang sangat penting untuk menuju masa dewasanya. Anak dididik agardapat menemukan jati dirinya dan mampu menjadi dirinya sendiri. Dalam hal initugas atau peran orang orang tua sendiri adalah memberikan masukan, arahan danpertimbangan atas pilihan yang telah di buat anak menjadi orang sukses. Strategiorang tua mendampingi anak dalam pembelajaran di rumah di masa pandemicovid-19 sangatlah esensial dengan cara mempertegas kepada anak agar tugasnyabisa dapat cepat selesai. Dengan cara berkelompok di salah satu rumah dengansiswa yang terbatas dengan adanya sinergisitas antara guru dan orang tua dalampembelajaran anak maka esensi dari pembelajaran terjalin dengan baik dan gurutidak perlu memberikan penilaian secara kuantitatif namun proses kemauan anakuntuk belajar. Ada banyak faktor ataupun kendala yang menyebabkan orang tuaberkeluh kesah saat mendampingi anak belajar di masa pandemi ini di desa SimaKrajan yaitu di antaranya : jaringan lemot, tidak ada kuota, dan keterbatasanterhadap ilmu pendidikan.

Kata Kunci: Peran orang tua, mendampingi anak, PAI, pandemi


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Iska Amalia - Personal Name
Student ID
2017010227
Dosen Pembimbing
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail