INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PRENATAL (Studi Kasus Ibu Hamil Di Desa Sojokerto)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PRENATAL (Studi Kasus Ibu Hamil Di Desa Sojokerto)

XML

Indah Choirun Nisa. “INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKANAGAMA ISLAM PADA MASA PRENATAL(Studi Kasus Ibu Hamildi Desa Sojokerto)”, Skripsi Program Studi Pendidikan Agama IslamFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Sains Al-Qur’an JawaTengah di Wonosobo,Dalam pandangan Islam, pendidikan sangatlah penting. Pendidikan anakdalam Islam terbagi menjadi 2 periode, yaitu prenatal dan postnatal, pendidikandapat dimulai sejak diketahui sang istri telah mengandung (prenatal). Pendidikanprenatal adalah aktifitas-aktifitas manusia sebagai suami isteri yang berkaitandengan hal-hal sebelum menikah, mengandung, dan melahirkan yang meliputitingkah laku untuk memilih pasangan hidup agar lahir generasi yang sehatjasamani dan rohaniTujuan penelitian ini adalah , 1). Untuk mengetahui internalisasi nilai-nilaipendidikan agama Islam pada masa prenatal di Desa Sojokerto, KecamatanLeksono, Kabupaten Wonosobo, 2). Untuk mengetahui bentuk PendidikanAgama Islam pada masa prenatal, 3). Untuk mengetahui metode pendidikan padamasa prenatal dalam Islam, 4). Untuk mengetahui faktor pendorong danpenghambat yang dialami Ibu hamil dalam mengimplementasikan pendidikanprenatal.Sedangkan metode yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu denganmengkaji pendidikan Islam pada masa prenatal. Adapun jenis penelitian yangdigunakan yaitu penelitian studi kasus yang difokuskan pada kasus ibu hamil,bidan Desa dan Tokoh Agama di Desa Sojokerto, Kecamatan Leksono,Kabupaten Wonosobo berkaitan dengan pendidikan Islam pada masa prenatal.asil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil di Desa Sojokerto,Kecamatan Leksono, Kabupaten Wonosobo mengetahui beberapa konsep prosespendidikan prenatal dibuktikan dengan banyaknya ibu hamil yang melaksanakanpendidikan prenatal dengan bentuk do’a sebelum melakukan hubungan badan, danpemberian stimulus kepada calon janin. Metode yang digunakan oleh ibu-ibuhamil yaitu metode mendengarkan, berdo’a dan berdialog. Adapun faktorpendorong yang mendasari ibu-ibu hamil adalah kehamilan yang pertama danmenginginkan anak-anak yang shaleh shalehah, sedangkan faktor penghambatadalah faktor fisik yang membuat kurang maksimalnya dalam prakteknya

Kata Kunci: Internalisasi, Pendidikan Agama Islam, Masa Prenatal


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Indah Choirun Nisa - Personal Name
Student ID
2017010055
Dosen Pembimbing
Maryono, M.Pd - - Dosen Pembimbing 1
Dr. H. Abdul Majid, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail