PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN SKI KELAS 8 DI MTS HIDAYATUSSIBYAN LANCAR, WADASLINTANG, WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN SKI KELAS 8 DI MTS HIDAYATUSSIBYAN LANCAR, WADASLINTANG, WONOSOBO

XML

Ani Farida. PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAPKEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN SKI KELAS8 DI MTS HIDAYATUSSIBYAN LANCAR, WADASLINTANG,WONOSOBO. Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, Juli 2021.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Untuk mengetahui presepsisiswa tentang pembelajaran online di MTs Hidayatussibyan Lancar. (2) Untukmengetahui kemampuan kognitif siswa kelas 8 di MTs Hidayatussibyan Lancar.(3) Untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaaran online terhadapkemampuan kognitif siswa.Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi sederhana. Analisisregresi linier sederhana adalah suatu alat analisis yang digunakan untuk mengukurpengaruh antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y).Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaranonline di MTs Hidayatussibyan Lancar berada pada kategori cukup baik.Dikatakan dalam kategori baik karena hasil nilai dari variabel pembelajaran onlineberada dalam interval 31- 34. Kemampuan kognitif di MTs HidayatussibyanLancar tahun pelajaran 2020/2021 dalam kategori baik yaitu dengan nilai rata-rata80,13, dan berada dalam interval 70 – 85. Ada pengaruh yang positif dansignifikan antara pengaruh pembelajaran online terhadap kemampuan kognitifsiswa pada mata pelajaran SKI kelas 8 di MTs Hidayatussibyan Lancar. Hal inidibuktikan dari hasil uji regresi linier sederhana diperoleh hasil Y = 0,774 +2,289x, yang menunjukkan hasil yang positif. Yang digambarkan bahwa arahhubungan antara variabel bebas (pembelajaran online) dengan variabel terikat(kemampuan kognitif) adalah searah, dimana setiap kenaikan satu satuan variabel(pembelajaran online) akan akan menyebabkan kenaikan kemampuan kognitifsebesar 3,063 dan dari hasil koefisien determinasi diketahui bahwa variabelpembelajaran online berpengaruh sebesar 38,28% terhadap kemampuan kognitifsiswa.

Kata Kunci : Pembelajaran Online, Kemampuan kognitif, SKI.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ani Farida - Personal Name
Student ID
2017010113
Dosen Pembimbing
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. H. Abdul Majid, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd - - Penguji 1
Maryono, M.Pd - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail