PELAKSANAAN PEMBINAAN TERHADAP NARAPIDANA SEBAGAI UPAYA PELAKSANAAN PROGRAM REINTEGRASI SOSIAL (Studi di Rutan Kelas II B Wonosobo)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Hukum

PELAKSANAAN PEMBINAAN TERHADAP NARAPIDANA SEBAGAI UPAYA PELAKSANAAN PROGRAM REINTEGRASI SOSIAL (Studi di Rutan Kelas II B Wonosobo)

XML

Adanya pembinaan bagi narapidana di dalam Lembaga Pemasyarakatan tidak terlepas dari sebuah dinamika, yang bertujuan untuk lebih banyak memberikan bekal bagi Narapidana dalam menyongsong kehidupan setelah selesai menjalani masa hukuman (bebas). Seperti halnya yang terjadi jauh sebelumnya, peristilahan Penjara pun telah mengalami perubahan menjadi pemasyarakatan. Tentang lahirnya istilah Lembaga Pemasyarakatan dipilih sesuai dengan visi dan misi lembaga itu untuk menyiapkan para narapidana kembali ke masyarakat. Penelitian terhadap pembinaan narapidana di Rutan Kelas II B Wonosobo bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah proses pelaksanaan pembinaan terhadap narapidana dan mengetahui faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam proses pelaksanaan pembinaan narapidana di Rutan Kelas II B Wonosbo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembinaan narapidana di Rutan Kelas II B Wonosobo melalui dari tahap pengenalan lingkungan, dilanjutkan dengan pembinaan kesadaran beragama, kesadaran hukum, intelektual, pembinaan kesadaran jasmani rohani, serta pembinaan keterampilan kerja belum terlaksana secara maksimal. Faktorfaktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembinaan di Rutan Kelas II B Wonosobo meliputi kurangnya sarana dan prasarana serta kurangnya minat narapidana.

Kata Kunci: Pembinaan, Narapidana, Lembaga Pemasyarakatan


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Tatap Hibatullah - Personal Name
Student ID
2017090016
Dosen Pembimbing
Dr. Herman Sujarwo, M.H. - - Dosen Pembimbing 1
Ika Setyorini, S.H., M.H. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail