TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENGGELAPAN KENDARAAN BERMOTOR DI WILAYAH HUKUM POLRES WONOSOBO (Studi kasus di Polres Wonosobo LP/B/05/VI/2020/JATENG/RES.WSB/SEK.SPR)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Hukum

TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENGGELAPAN KENDARAAN BERMOTOR DI WILAYAH HUKUM POLRES WONOSOBO (Studi kasus di Polres Wonosobo LP/B/05/VI/2020/JATENG/RES.WSB/SEK.SPR)

XML

Kejahatan tidak akan dapat hilang dengan sendirinya, sebaliknya kasus kejahatan semakin sering terjadi dan yang paling dominan adalah jenis kejahatan terhadap harta kekayaan, khususnya yang termasuk didalamnya adalah tindak pidana penggelapan. Penggelapan adalah kejahatan yang hampir sama dengan pencurian dalam Pasal 362, bedanya ialah pada pencurian barang yang dimiliki itu belum berada di tangan pencuri dan masih harus “diambilnya” sedangkan pada penggelapan waktu dimilikinya barang itu sudah ada di tangan si pembuat tidak dengan jalan kejahatan. Dalam kajian tinjauan kriminologi terhadap pelaku tindak pidana penggelapan kendaraan bermotor di wilayah hukum Polres Wonosobo bagaimana dengan teori kriminologi digunakan untuk mempertunjuk teknis dan cara masyarakat memberantas kejahatan dengan hasil yang baik dan cara mengahadapi kejahatan. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait tinjauan kriminologis terhadap pelaku tindak pidana penggelapan kendaraan bermotor diwilayah hukum Polres Wonosobo. Penelitian ini menggunakan Metode yuridis-Sosiologis. Penelitian yuridis Sosiologis yang dengan dimaksudkan kata lain yang merupakan jenis penelitian hukum sosiologis dan dapat disebut dengan penelitian lapangan, yang mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta yang telah terjadi didalam kehidupan masyarakat. Atau dengan kata lain yaitu suatu penelitian yang dilakukan terhadaap keadaan sebenarnya atau keadaan nyata yang telah terjadi di masyrakat dengan maksud mengetahui dan menemukan fakta-fakta dan data yang dibutuhkan. Dengan metode tersebut, maka hasil penelitian ini adalah bahwa tinjaun kriminologis terhadap pelaku tindak pidana penggelapan kendaraan bermotor di wilayah hukum Polres Wonosobo dapat dilihat dari faktor penyebab timbulnya pelaku melakukan kejahatan dari faktor ekonomi, pendidikan serta faktor lingkungan yang menjadi penyebab pelaku melakukan sebuah kejahatan tindak pidana penggelapan kendaraan bermotor.

Kata Kunci: Kriminologi, Tindak Pidana Penggelapan, Kepolisian Resor Wonosobo.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Rizki Purnomo - Personal Name
Student ID
2017090026
Dosen Pembimbing
Dr. Herman Sujarwo, M.H. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Linda Ikawati, S.H., M.H - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail