ANALISIS HUKUM TERHADAP BATAS USIA PENGEMUDI ATAS PELANGGARAN LALU LINTAS DI SATLANTAS POLRES WONOSOBO (Studi di Kantor Satlantas Polres Wonosobo)

Detail Cantuman

Prodi Ilmu Hukum

ANALISIS HUKUM TERHADAP BATAS USIA PENGEMUDI ATAS PELANGGARAN LALU LINTAS DI SATLANTAS POLRES WONOSOBO (Studi di Kantor Satlantas Polres Wonosobo)

XML

Lalu lintas dan angkutan jalan memiliki fungsi vital dalam menyongsong penyusunan dan keutuhan nasional sebagai elemen dari cara melantaskan keselamatan umum sebagaimana keterangan dalam pembukaan Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan no 22 tahun 2009. Sebagai komponen dari skema transportasi nasional, lalu lintas dan angkutan Jalan dalam rangkaian menunjang asifikasi ekonomi dan peningkatan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, independensi, serta responsibilitas penyelenggara Negara. Pengendara anak populer dengan lagak mengendarainya yang beresiko dan tak sistematis. Ibarat mengendarai dengan lebih dari dua orang tanpa mengenakan helm, tempo yang tak terkendali, mengendarai tanpa surat izin mengemudi, menggunakan knalpot racing dan menerjang lampu merah. Berdasarkan persoalan tersebut, maka studi ini bermaksud untuk mengetahui konsep normative usia di bawah umur, factor terjadinya pelanggaran pengemudi di bawah umur di Satlantas Polres Wonosobo, dan analisis hukum terhadap usia di bawah umur dalam pelanggaran lalu lintas di Satlantas Polres Wonosobo. Metode yang dipakai adalah metode yuridis empiris serta akumulasi data dengan cara wawancara dengan salah satu pegawai. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak di bawah umur di Wonosobo yaitu pada tahun 2020 adalah sebesar 4,496 pelanggaran yang didomiansi oleh umur 16-21 tahun, namun jumlah pelanggaran tersebut merupakan penurunan yang cukup signifikan mengingat pada tahun 2019 pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anak dibawah umur sebanyak 9,468 pelanggaran yang didominasi oleh umur 16-21 tahun.

Kata kunci: Batas Usia Dewasa, Pengemudi di Bawah Umur, Pelanggaran Lalu Lintas


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Avi’ Zufar Rahman - Personal Name
Student ID
2017090021
Dosen Pembimbing
Dr. H. Mahfudz Junaedi, M.H. - - Dosen Pembimbing 1
Nila Amania, S.H., M.H. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74201
Edisi
Published
Departement
Ilmu Hukum
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail