INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI MTs N 2 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN DI MTs N 2 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

XML

Yuliyah. INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUSPESERTA DIDIK MELALUI PEMBIASAAN EKSTRAKURIKULERKEAGAMAAN DI MTs N 2 BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN2019/2020. Skripsi, Wonosobo : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, Mei 2020.Salah satu permasalahan pendidikan yang ada di Indonesia yaitu krisismoral dan karakter, khususnya karakter religius. Untuk itu pentingnyainternalisasi pendidikan karakter religius peserta didik salah satunya melaluipembiasaan esktrakurikuler keagamaan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan ekstrakurikulerkeagamaan, internalisasi pendidikan karakter religius peserta didik melaluipembiasaan esktrakurikuler keagamaan dan juga faktor pendukung danpenghambatnya internalisasi pendidikan karakter religius peserta didik melaluipembiasaan esktrakurikuler keagamaan di MTs N 2 Banjarnegara. Penelitian inimenggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Untuk pengumpulan datamenggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untukanalisisnya, penulis menggunakan analisis data model Miles and Huberman yaitureduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Hasil dari analisis penelitian skripsi ini adalah pelaksanaan ekstrakurikulerkeagamaan di MTs N 2 Banjarnegara sudah terprogram secara profesional yangdilaksanakan pagi hari dan siang hari setelah pembelajaran. Internalisasipendidikan karakter religius peserta didik melalui pembiasaan ekstrakurikulerkeagamaan di MTs N 2 Banjarnegara melalui beberapa tahapan yaitu tahaptransformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi. Faktor pendukungnyayaitu adanya program, sarana prsarana yang memadai dan adanya tenaga pengajar,sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu kurangnya antusias peserta didikdalam mengikuti kegiatan.

Kata kunci: Internalisasi, pendidikan, ekstrakurikuler


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Yuliyah - Personal Name
Student ID
2016010068
Dosen Pembimbing
Dr. Nurul Mubin, M.S.I - - Dosen Pembimbing 1
H. Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail