METODE MENYOCOKKAN KARTU DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN BUKU COOPERATIVE LEARNING KARYA AGUS SUPRIJONO)

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

METODE MENYOCOKKAN KARTU DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (KAJIAN BUKU COOPERATIVE LEARNING KARYA AGUS SUPRIJONO)

XML

Septiana Dwi Kartikasari Kumaidi, METODE MENYOCOKAN KARTUDALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMAISLAM (KAJIAN BUKU COOPERATIVE LEARNING KARYA AGUSSUPRIJONO), Skripsi, Wonosobo: Program Studi Pendidikan Agama Islam,Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Ilmu Al-Qur’anJawa Tengah di Wonosobo, Oktober 2020Sesuai dengan latar belakang masalah dan rumusan, maka pembahasan inibertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islamdengan metode mencocokan kartu. (2) Untuk mengetahui peningkatan pembelajaranPAI dengan menggunakan metode mencocokan kartu dalam buku “CoopertiveLearning karya Agus Supriyono”, (3) Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihanmetode mencocokan kartu dalam buku Coopertive Learning karya Agus SupriyonoJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dankepustakaan, Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan adalah sumber data primerdan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakanmetode studi documenter dan penelusuran data online. Adapun teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi dan analisis wacana.Berdasarkan penelitian ini, maka penelitaian menyimpulkan bahwa: PenerapanPembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Metode Mencocokan Kartu yang manametode ini dimulai dengan mengetahui langkah-langkah pelaksanaanya, untuk pendidik dandigunakan untuk melakukan pembelajaran untuk peserta didik agar metode tersebut bisamembantu peserta didik belajar lebih aktif. Prinsip penulisan dalam menyusun bukunya yaituagar pembaca memahami metode yang kami gunakan terutama bagi pendidik. Selanjutnyapeningkatan Pembelajaran PAI dengan menggunakan Metode Menyocokkan Kartu haruslebih baik karena adanya metode menyocokan kartu pendidik dapat mempraktekan dikelasdan mampu membuat peserta didik tersebut lebih aktif. Selain itu penyajian metode dalambuku tersebut sangat mudah dipahami, sehingga para pembaca yang ingin mempelajarinyamudah memahami metode dalam buku tersebut. Dan yang terakhir kelebihan dankekurangan Metode Menyocokan Kartu dalam Buku Coopertive Learning adalah segalaaspek yang mencangkup dalam metode tersebut dilihat dari aspek refrensi yang bisa kitapergunakan untuk pembelajaran sangatlah baik. Dilihat dari aspek penggunaan langkah-langkah yang mudah dipahami dan mudah diterapkan. Adapun kelemahannya yang tampakdalam metode tersebut tidak ada gambaran contoh pembelajaran yang tercantum dalam bukutersebut khusunya metode tersebut dan kurangnya arti-arti dari metode tersebut misalnya;pengertian, fungsi, faktor, tujuan dan kelebihan maupun kekurangan menggunakan metodetersebut.

Kata kunci: Metode, Kartu, Peningkatan Pembelajaran PAI, Buku CooperativeLearning karya Agus Suprijono.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2016010133
Dosen Pembimbing
Dr. H. Noor Aziz, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Rifqi Muntaqo, M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail