PERAN PEREMPUAN BEKERJA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Ibu Rumah Tangga di Desa Dempel Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo)

Detail Cantuman

Prodi Hukum Keluarga

PERAN PEREMPUAN BEKERJA DALAM MENINGKATKAN EKONOMI UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH (Studi Ibu Rumah Tangga di Desa Dempel Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo)

XML

Pada saat ini kebutuhan semakin mahal dan pemasukan tidak bertambah menjadikan ekonomi sebagai permasalahan utama dalam keluarga. Oleh karena itu banyak perempuan memilih untuk bekerja membantu meningkatkan ekonomi keluarganya untuk mewujudkan keluarga sakinah. Perempuan bekerja masih menjadi bahan perdebatan yang tidak pernah ada habisnya. Banyaknya pihak yang membandingkan antara profesi perempuan yang bekerja dengan ibu rumah tangga. Memilih untuk bekerja diartikan dengan menelantarkan keluarga dan memilih ibu rumah tangga dianggap gelar yang telah diraih tidak berguna. Islam memberikan hak kepada setiap manusia termasuk perempuan untuk melakukan kebaikan termasuk bekerja. Bagi perempuan bekerja mereka harus memenuhi kriteria tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dan wawancara, maka perempuan bekerja dalam upaya meningkatkan ekonomi keluarga di Desa Dempel Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo diperbolehkan dalam Islam. Peran perempuan bekerja di Desa Dempel membawa dampak terhadap relasi berupa munculnya rasa saling memahami dan menghargai antara suami dan istri. Praktik perempuan bekerja dalam meningkatkan ekonomi untuk mewujudkan keluarga di Desa Dempel menurut islam diperbolehkan karena tidak menyebabkan istri lalai terhadap kewajibannya dalam keluarga. Implikasi peran perempuan bekerja dalam meningkatkan ekonomi untuk mewujudkan keluarga di Desa Dempel Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo menurut konsep keluarga ideal antara lain rasa saling menghargai dan saling membutuhkan antara suami dan istri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data adalah suatu cara untuk mengumpulkan keterangan- keterangan dalam suatu penelitian dalam mengumpulkan data akan dipakai. Metode- metode tersebut yaitu: Metode Wawancara, Metode Observasi, Metode Dokumentasi, dan Analisis Data. Berdasarkan analisis perempuan yang bekerja sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, Islam juga memperbolehkan perempuan bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga tetapi dengan tetap menjaga hak dan kewajibannya serta menjaga kehormatan keluarga dan dirinya.

Kata Kunci: Perempuan Bekerja, Peran Perempuan, Hak dan Kewajiban


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Ana Maria Ulfa - Personal Name
Student ID
2019060044
Dosen Pembimbing
Dr. Lutfan Muntaqo.S.H., M.S.I. - - Dosen Pembimbing 1
Ika Setyorini, S.H., M.H. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
74230
Edisi
Published
Departement
Hukum Keluarga
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail