IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TARBAWI MELALUI BAGI SANTRI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN AL-FUTUHIYYAH ALI MASYKUR BUMEN BUMIREJO MOJOTENGAH WONOSOBO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TARBAWI MELALUI BAGI SANTRI DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN AL-FUTUHIYYAH ALI MASYKUR BUMEN BUMIREJO MOJOTENGAH WONOSOBO

XML

Nur Alfi Mungalimah. 2020. IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TARBAWIMELALUI TA‟ BAGI SANTRI DALAM MEGIATAN PEMBELAJARAN DIPONDOK PESANTREN AL-FUTUHIYYAH ALI MASYKUR BUMENBUMIREJO MOJOTENGAH WONOSOBO.Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah danKeguruan. Universitas Sains Al-Qur‟an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana konsep ta‟ddi Pondok Pesantren Al-Futuhiyyah Ali Masykur dan bagaimana implementasinyadalam kegiatan pembelajaran. (2) Untuk mengetahui apa saja nilai-nilai tarbawiyang diambil dari proses ta‟d di Pondok Pesantren Al-Futuhiyyah Ali MasykurBumen Bumirejo Mojotengah Wonosobo. (3) Untuk mengetahui faktor-faktorpenghambat dan pendukung dalam implementasi nilai ta‟d b dalam kegiatanpembelajaran di Pondok Pesantren Al-Futuhiyyah Ali Masykur Bumen BumirejoMojotengah Wonosobo.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research denganpendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh berasal dari pengasuh pondok,perwakilan ustasz, santri, pengurus dan data-data yang ada di Pondok Pesantren AlFutuhiyyahAli Masykur. Untuk mendapatkan data yang diperlukan penulismenggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.Analisis data reduksi data, display data dan verifikasi.Hasil penelitian ditemukan sebagai berikut: (1) Bahwa konsep ta‟d diPondok Pesantren Al-Futuhiyyah Ali Masykur sudah berjalan dengan baik melaluitata tertib, melalui kitab-kitab Akhlak, melalui metode-metode pembelajaran (reward and punishmen, ceramah dan demonstrasi), musyawarah/ diskusi, uswatunhasanah, dan pembiasaan. (2) Adapun nilai-nilai yang ditanamkan yaitu nilai ibadah,nilai keikhlasan, nilai kesederhanaan, nilai akhlak dan nilai sabar. (3) Faktorpendukung dalam implementasi nilai ta‟d berasal dari sarana dan prasarana, faktorpendidik, faktor pengurus, faktor orang tua dan riyadhah. Sedangkan faktorpenghambatnya berasal dari kurangnya dukungan dan motivasidari orang tua,kegiatan santri di luar pondok pesantren dan ketidakdisiplinan santri dalammengikuti kegiatan pembelajaran di pondok pesantren.

Kata Kunci: pondok pesantren, santri, ta‟d


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Nur Alfi Mungalimah - Personal Name
Student ID
2016010053
Dosen Pembimbing
Fatkhurrohman, S.Ag.M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Chairani Astina, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail