Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KITAB HIDAYATUL MUTA’ALLIM KARYA KH. TAUFIQUL HAKIM DALAM PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK SMP NU BERBASIS PESANTREN BOJONG TEGAL TAHUN 2019/2020
XMLNur Afita Aulina, 2020. “Implementasi Pembelajaran Kitab HidayatulMuta’allim dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik SMP NU Berbasis PesanttrenBojong Tegal.”. Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah Di Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui pembelajaran kitabHidayatul Muta’allim karya KH. Taufiqul Hakim pada peserta didik SMP NUBerbasis Pesantren. (2) untuk mengetahui upaya pembinaan akhlak peserta didikmelalui pembelajaran kitab Hidayatul Muta’allim karya KH. Taufiqul Hakim diSMP NU Berbasis Pesantren. (3) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung danpenghambat pembinaan akhlak peserta didik melalui pembelajaran kitab HidayatulMuta’allim di SMP NU Berbasis Pesantren.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field reseach denganpendekatan kualitatif. Dengan subjek penelitian peserta didik SMP NU BerbasisPesantren Bojong Tegal. Untuk mendapatkan data yang diperlukan penulismenggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi.Analisis data reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Hasil penelitian ditemukan bahwa proses pembelajaran melalui kitabHidayatul Muta’allim dalam pembinaan akhlak peserta didik SMP NU BerbasisPesantren Bojong Tegal sudah berjalan baik dan pembelajaran kitab HidayatulMuta’allim ini merupakan pembelajaran yang efektif dalam upaya pembinaanakhlak karena akan mempermudah peserta didik dalam memahami tentangpendidikan akhlak. Upaya pembinaan akhlak peserta didik melalui pembelajarankitab Hidayatul Muta’allim dengan cara memperdalam materi-materi tentangakhlak dalam kitab Hidayatul Muta’allim yang harus dipraktekan dalam kehidupansehari-hari. Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak peserta didik melaluipembelajaran kitab Hidayatul Muta’allim di SMP NU Berbasis Pesantren BojongTegal berasal dari adanya guru pengampu kitab Hidayatul Muta’allim yangkompeten, semangat peserta didik dalam memperdalam kitab Hidayatul Muta’allimdan guru dapat mengawasi peserta didiknya secara mudah. Sedangkan faktorpenghambat dalam pembinaan akhlak peserta didik melalui kitab HidayatulMuta’allim di SMP NU Berbasis Pesantren Bojong Tegal peserta didik belumkondusif saat pembelajaran karena adanya siswa yang yang tidak membawa kitabHidayatul Muta’allim dan kurangya guru pengampu kitab Hidayatul Muta’allim diSMP NU Berbasis Pesantren
.Kata Kunci: Pembinaan akhlak, Peserta didik.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nur Afita Aulina - Personal Name
|
Student ID |
2016010073
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2020 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |